in

10 Negara dengan Utang Luar Negeri Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

10 negara dengan utang luar negeri terbesar

Beberapa waktu terakhir, berita ekonomi kita diramaikan dengan utang yang dimiliki Indonesia terhadap luar negeri semakin membengkak. Dilansir dari Detik.com, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia mencapai lebih dari Rp 5.000 Triliun.

Menurut Keterangan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), utang tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar US$ 190,5 miliar atau Rp 2.724,1 triliun. Sementara itu utang swasta termasuk badan usaha milik negara (BUMN) US$ 197,1 miliar Rp 2.818,5 triliun.

Namun tahukah Anda,ULN milik indonesia tersebut bukanlah yang terbesar jika dibandingakan dengan negara – negara lain. Berikut daftar 10 negara dengan utang terbanyak yang dikutip dari Simulasikredit.com:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adidaya sekaligus negara dengan jumlah ULN terbanyak di dunia, yaitu mencapai 1,9765887×1013 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 58.200 US dollar per kapita.

Negara ini juga merupakan negara dengan jumlah impor terbanyak di dunia dan jumlah ekspor terbanyak kedua di dunia. Komoditi impor terbesar yaitu minyak bumi. Sedangkan komoditi ekspor terbanyak dari Amerika Serikat yaitu alat transportasi.

2. Inggris

Inggris merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak kedua, yaitu mencapai 8,475956 ×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 127.000 US dollar per kapita.

Baca Juga  Praktikkan! 5 Cara ini Bisa Menguatkan Nilai Rupiah

Negara yang terkenal dengan sepak bolanya ini merupakan negara dengan kondisi ekonomi terbesar ke lima di dunia, dan yang terbesar kedua di Eropa setelah Jerman. Negara ini menggunakan mata uang poundsterling. Poundsterling merupakan mata uang terbesar ke tiga di dunia setelah US dollar dan Euro.

3. Prancis

Prancis merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak ketiga, yaitu mencapai 5,689745×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 87.200 US dollar per kapita.

Juara Piala Dunia edisi 2018 ini merupakan negara anggota Group of Seven atau G7, yang berisi 7 negara yang memimpin perekonomian dan industrialisasi di dunia. Sistem ekonomi di Prancis merupakan campuran dari pengaruh pihak swasta dan intervensi dari pemerintah.

4. Jerman

Jerman merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak keempat, yaitu mencapai 5,398267×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 65.600 US dollar per kapita.

Negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki tenaga kerja dengan keahlian yang sangat tinggi, modal yang besar, serta tingkat korupsi yang sangat rendah. Jerman merupakan negara eksporter yang terbesar ketiga di dunia.

5. Belanda

Belanda merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak kelima, yaitu mencapai 4,5104 ×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 265.400 US dollar per kapita.

Baca Juga  Saham Migas Terbang Akibat Minyak Melambung

Bekas penguasa Indonesia ini merupakan negara maju dengan sistem perekonomian yang sangat baik. Negara ini telah mengembangkan sektor perikanan, agraris, perdagangan, dan bank sejak abad ke-16. Belanda juga termasuk ke dalam negara paling kompetitif di bidang ekonomi urutan ke lima di dunia.

6. Luxemburg

Luxemburg merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak keenam, yaitu mencapai 3,781×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini termasuk sangat besar, yaitu mencapai 6.968.000 US dollar per kapita.

Luxemburg merupakan negara di Eropa yang memiliki kondisi ekonomi stabil. Negara ini memiliki pertumbuhan yang sedang, angka inflasi yang rendah, dan tingkat inovasi yang sangat tinggi. Sangat sedikit penduduk Luxemburg yang tidak bekerja.

7. Jepang

Jepang merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak ketujuh, yaitu mencapai 3,586817 ×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 28.200 US dollar per kapita.

Negeri Matahari Terbit merupakan negara dengan perekonomian nasional terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Cina. Utang luar negeri negara ini terutama disebabkan oleh gempa bumi dan tsunami yang banyak terjadi di negara ini.

Baca Juga  Definisi Stablecoin dalam Dunia Cryptocurrency

8. Italia

Italia merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak ke-delapan, yaitu mencapai 2,51069 ×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 42.300 US dollar per kapita.

Negara ini menggunakan sistem ekonomi kapitalis campuran. Italia juga disebut sebagai salah satu negara paling terindustrialisasi di dunia. Hal ini karena Italia merupakan salah satu negara yang unggul di perdagangan dunia dan ekspor.

9. Spanyol

Spanyol merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak ke-sembilan, yaitu mencapai 2,259127×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 48.700 US dollar per kapita.

Spanyol merupakan negara dengan sistem ekonomi kapitalis campuran. Negara ini memiliki tingkat perekonomian terbesar ke-14 di dunia dan kelima terbesar di Benua Eropa. Angka pengangguran di negara ini juga terus turun dibandingkan dengan pada abad ke-19.

10. Kanada

Kanada merupakan negara dengan jumlah ULN terbanyak ke-sepuluh, yaitu mencapai 1,9319×1012 US dollar. Pendapatan per kapita penduduk negara ini cukup banyak, yaitu sekitar 52.300 US dollar per kapita. Negara ini tergabung dalam Group of Eight (G8), yaitu negara-negara pemimpin keuangan di dunia.

Demikianlah artikel 10 negara dengan utang luar negeri terbesar.

Tinggalkan Balasan

THR Cair: Ditabung atau Dihabiskan?

THR Perusahaan

Awas! Menaker Beri Warning Perusahaan yang THR-nya Bermasalah