in

Pahami Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limitnya

Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya
Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya

Ada beberapa jenis kartu kredit yang harus Anda pahami sebelum memutuskan memiliki atau menggunakannya. Kali ini pikirantrader.com akan membahas jenis kartu kredit berdasarkan limitnya.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang bisa digunakan tanpa harus menyetorkan uang tunai ketika ingin membeli suatu barang atau membayar ongkos jasa. Tentunya, dengan menggunakannya, Anda punya kewajiban untuk melunasinya dalam jangka waktu yang sudah disepakati, baik secara sekaligus maupun mengangsur.

Anda tak bisa menggunakan kartu kredit di sembarang tempat. Kartu ini hanya bisa dipakai untuk membayar di tempat-tempat tertentu yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Biasanya, kartu kredit ini hanya sebagai alternatif pembayaran yang dilakukan melalui internet, toko online misalnya.

Untuk memilikinya pun ada beberapa persyaratan yang ketat. Ada persyaratan usia, pekerjaan, penghasilan, dokumen, administrasi, dan domisili. Selain memenuhi berbagai persyaratan yang cukup banyak dan melewati berbagai proses seleksi, sebelum memilikinya Anda juga harus mengetahui jenis kartu kredit yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Berikut ini jenis kartu kredit berdasarkan limitnya.

1. Visa

Visa merupakan salah satu jenis kartu kredit berdasarkan limitnya. Bersama Mastercard, kartu kredit jenis Visa ini paling banyak digunakan di Indonesia.

Ada banyak kemudahan untuk kartu kredit jenis ini. Cara pelunasan kartu kredit jenis ini bisa dilakukan dengan cara angsuran maupun sekaligus. Jumlah angsuran yang dibayar dihitung dari nilai saldo tagihan dan ditambah dengan bunga bulanan.

Baca Juga  Anda Ingin Buah Hati Gemar Menabung? Berikut Trik Jitunya.

Pembayarannya harus dilakukan selambat-lambatnya saat jatuh tempo setiap bulan sesuai dengan ketetapan pihak yang mengeluarkan kartu kredit. Jika Anda terlambat melunasinya, akan ada denda atau late charge.

Yang menarik, kartu kredit ini juga diketahui dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai, melalui teller atau ATM.

Visa Classic

Kartu kredit jenis ini merupakan kartu kredit dengan batas (limit) yang paling rendah. Limit ini berlaku baik untuk belanja maupun fiturnya. Biasanya, batas transasksi maksimal hingga 5 juta rupiah. Batas ini tak berbeda jauh dengan batas transaksi yang dikeluarkan oleh bank nasional untuk sekali transaksi.

Visa Gold

Jenis kartu kredit satu ini bisa dibilang lebih eksklusif daripada Visa Classic. Sebab, terdapat beberapa fitur tambahan, seperti diskon di beberapa merchant dan batas kredit yang lebih tinggi. Kartu kredit ini biasanya dimiliki oleh orang yang penghasilannya antara 5 juta sampai 25 juta rupiah per bulan. Batas kredit tertingginya ada di angka 100 juta rupiah, atau tergantung kebijakan pihak bank.

Baca Juga  Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

Visa Platinum

Kartu kredit yang satu ini lebih istimewa lagi ketimbang dua jenis di atas. Para pebisnis sering menggunakannya untuk ajang gengsi. Untuk memiliki kartu kredit jenis ini, pemiliknya harus berpenghasilan sekitar 25 juta rupiah ke atas per bulannya. Untuk batas kreditnya mulai dari 75 juta rupiah hingga tak terbatas.

Visa Signature

Jenis kartu kkredit ini terbilang paling eksklusif di antara jenis kartu sebelumnya. Yang berhak memilikinya hanya orang yang memiliki beberapa profesi tertentu saja, seperti pengusaha, pengacara papan atas, dokter terkemuka, dan akuntan profesional yang terkenal. Itu pun masih dipertimbangkan penghasilan minimalnya. Batas kredit maksimalnya mulai dari 100 juta rupiah
hingga tak terbatas. Pemegang kartu kredit jenis ini dapat memanfaatkan fasilitas tambahan, seperti airport lounge hingga ke travel assist dan golf membership.

Visa Infinite

Kartu kredit jenis ini tidak ditawarkan untuk publik. Kartu kredit super eksklusif ini hanya bisa dimiliki oleh sebagian orang kaya dengan aset di atas USD 100 ribu dalam bentuk tunai. Batas kreditnya mulai dari 50 juta rupiah hingga 250 juta rupiah, atau tergantung dari banyaknya simpanan uang tunainya. Semakin banyak uang yang disimpan, maka semakin besar batas kreditnya. Fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini mulai dari travel assist, asuransi perjalanan, booking jet pribadi, hingga special priority pass.

Baca Juga  6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Kartu Kredit Pemula

2. Mastercard

Mastercard Classic

Kartu kredit jenis ini hampir sama dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh pihak Visa. Batas kredit Mastercard Classic sampai 5 juta rupiah. Penggunanya harus memiliki penghasilan minimal UMR hingga 50 juta rupiah per tahun.

Mastercard Gold

Jenus kartu kredit ini tidak berbeda jauh dengan Visa Gold. Pengguna mendapatkan batas kredit hingga 100 juta rupiah. Standar penghasilan penggunanya minimalnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan Classic. Hanya saja, kartu kredit jenis ini biaya bulanannya lebih tinggi.

Mastercard Platinum

Kartu kredit platinum yang dikeluarkan Mastercard biasanya memiliki fitur yang lebih banyak. Batas kreditnya minimal 75 juta rupiah hingga tak terbatas, menyesuaikan pengguna.

Mastercard World

Jenis kartu kredit Mastercard ini hampir serupa dengan Visa Infinite. Namun, minimal penggunaannya harus mencapai 75 juta setiap tahunnya. Jika pengguna melakukan transaksi kredit di bawah angka itu dalam setahun, maka akan dikenakan biaya tahunan, atau bulanan yang akan disesuaikan oleh pihak bank. Jumlah biaya bulanan kartu kredit jenis ini cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Kelemahan Uang elektronik

e-Money dan e-Wallet, Apa Perbedaanya?

direktur pemasaran

Jabatan Direktur Pemasaran Sudah Tidak Penting? Kok Dihapus?