in

Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya

Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya
Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya

Sebelum memiliki dan menggunakannya, Anda harus mengetahui jenis-jenis kartu kredit. Kali ini pikirantrader.com akan membahas jenis kartu kredit berdasarkan zona berlakunya.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang bisa digunakan tanpa harus menyetorkan uang tunai ketika ingin membeli suatu barang atau membayar ongkos jasa. Tentunya, dengan menggunakannya, Anda punya kewajiban untuk melunasinya dalam jangka waktu yang sudah disepakati, baik secara sekaligus maupun mengangsur.

Anda tak bisa menggunakan kartu kredit di sembarang tempat. Kartu ini hanya bisa dipakai untuk membayar di tempat-tempat tertentu yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Biasanya, kartu kredit ini hanya sebagai alternatif pembayaran yang dilakukan melalui internet, toko online misalnya.

Untuk memilikinya pun ada beberapa persyaratan yang ketat. Ada persyaratan usia, pekerjaan, penghasilan, dokumen, administrasi, dan domisili. Selain memenuhi berbagai persyaratan yang cukup banyak dan melewati berbagai proses seleksi, sebelum memilikinya Anda juga harus mengetahui jenis kartu kredit yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Berikut ini jenis kartu kredit berdasarkan zona berlakunya.

Baca Juga  Ganti Kartu Kredit? Pahami dulu Penjelasan ini!

Yang harus dipahami, tidak semua kartu kredit bisa digunakan di semua zona daerah atau negara. Sebelum memilikinya, Anda harus memastikan hal ini dulu kepada bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Jika yang Anda miliki adalah kartu kredit khusus di satu daerah misalnya, maka kartu tersebut tak bisa dipakai di daerah lainnya. Sebagai antisipasi, Anda harus menyediakan uang cach ketika bepergian ke daerah di mana kartu kredit Anda tak bisa digunakan.

1. Kartu Kredit Nasional (Zona Berlakunya di Indonesia Saja)

Dari namanya saja sudah bisa diketahui, bahwa zona berlakunya kartu kredit jenis ini mencakup skala nasional. Artinya, Anda hanya bisa menggunakannya di seluruh wilayah di Indonesia.

Sudah jelas, Anda tak bisa mengunakan kartu kredit jenis ini di luar Indonesia. Kartu kredit jenis ini hanya cocok untuk Anda yang jarang sekali bepergian ke luar negeri. Kalah hanya traveling berkeliling Nusantara saja, kartu kredit ini bisa dipakai.

Meski Anda memakainya di Indonesia, kartu kredit ini juga tak bisa dipakai di sembarang tempat. Anda hanya bisa menggunakannya di merchant-merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit jenis ini.

Baca Juga  Sama - sama Jual Beli Valas, Ini Perbedaan Money Changer dengan Forex

2. Kartu kredit Internasional (Zona Berlakunya di Indonesia dan Luar Negeri)

Berbeda dengan kartu kredit nasional, kartu kredit internasional ini zona berlakunya lebih luas. Anda bisa menggunakannya saat bepergian ke luar negeri.

Sesuai namanya, kartu kredit ini bisa digunakan di negara manapun selain di Indonesia. Di seluruh daerah di Indonesia pun kartu kredit jenis ini bisa digunakan. Meski demikian, Anda hanya bisa menggunakannya di merchant-merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit. Umumnya, merchant yang dimaksud berlogo Visa, MasterCard, Dinners Club, Carte Blanche, American Express.

Pengguna dari jenis kartu kredit ini umumnya mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Bukan cuma pengusaha atau pejabat, tapi juga para artis atau traveler yang kerap berkunjung ke negara-negara lain selain Indonesia.

Tinggalkan Balasan

persiapan memulai bisnis

Pertanyaan Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Baru (Part 2)

Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik

Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik yang Harus Anda Ketahui