in

Menjadi Freelancer? Jawab Dulu Beberapa Pertanyaan Berikut!

menjadi freelancer

Rutinitas kerja yang monoton dengan pendapatan yang dirasa kurang mencukupi, membuat sebagian orang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan memilih menjadi seorang freelancer. Hal ini memang tergolong langkah yang berani, karena menjadi seorang freelancer atau seorang pekerja lepas tentunya sangatlah beresiko. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas, ada baiknya anda pertimbangkan dengan beberapa pertanyaan berikut ini;

1. Berapa Uang yang Harus Anda Simpan?

Jika tak punya sumber pendapatan lain setelah anda berhenti kerja kantoran, perkirakan dulu berapa lama tabungan anda akan bertahan. Apa sudah siap memenuhi kebutuhan tiga bulan berikutnya ketika mulai bekerja sebagai freelancer tanpa penghasilan yang tetap? Atau apakah tabungan itu bisa menghidupi anda selama enam bulan ke depan? Tentu saja semakin banyak uang yang bisa disimpan, maka semakin sedikit resiko finansial akan anda hadapi bukan?

Baca juga: Tak Dibebani Pikiran Soal Keuangan yang Berantakan, Para Freelancer Sebaiknya Terapkan 4 Kiat Ini

Bayangkan ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas tanpa persiapan apapun. Tentunya anda akan menghadapi beberapa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan anda sehari-hari. Dengan tabungan yang cukup, anda tentu tak perlu menjadi beban orang lain atau keluarga ketika mengambil keputusan itu. Beberapa ahli keuangan pribadi bahkan menyarankan untuk memiliki simpanan senilai kebutuhan hidup untuk tiga sampai enam bulan jika kamu memutuskan bekerja sebagai freelancer.

Baca Juga  Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Masa Pensiun Yang Nyaman

2. Berapa Budget Minimum Anda?

Tanyakan pada diri anda sendiri, berapakah bujet minimum bulanan yang harus dipersiapkan untuk membayar kebutuhan anda. Kebutuhan itu bukan hanya masalah makan saja, tetapi juga termasuk kewajiban finansial lain seperti berapa tanggungan anda seperti utang, pajak, kredit yang harus dibayar setiap bulan dan sebagainya. Jumlah uang yang anda butuhkan selama sebulan itu, dijumlahkan lalu dikalikan enam (bulan).

Baca juga: Financial Freedom: Buatlah Uang Menjamin Hidupmu

Nah, jumlah uang itulah yang harus anda miliki sebagai simpanan jika ada kejadian yang tak terduga. Dengan cara ini, rencana masa depan menjadi pekerja freelance akan aman tanpa harus khawatir dengan masalah keuangan yang sewaktu-waktu bisa datang.

3. Siap Bekerja Lembur?

Berapa waktu yang anda alokasikan untuk bekerja? Apa anda siap bangun dari pagi hingga petang untuk bekerja lepas? Jika masih bekerja kantoran, normalnya kita bekerja selama 8 jam. Namun, ketika sudah memutuskan menjadi freelancer, tentunya itu akan berubah. Karena di awal bekerja menjadi freelance, anda harus aktif mencari klien. Hal itu tentunya tidak mudah dan butuh dedikasi yang tinggi, entah dari segi waktu dan tenaga. Pertimbangkan pula apakah setiap pekerjaan yang akan anda lakukan nantinya, memang pantas dengan pendapatan yang akan anda dapat.

Baca Juga  Berniat Menutup Kartu Kredit? Perhatikan Hal-hal Berikut!

Baca juga: Freelancer, Ayo Siapkan Uang Pensiun Dari Sekarang!

Tinggalkan Balasan

tips mengelola gaji sampingan

Cara Mengelola Gaji Kerja Sampingan

jenis-jenis usaha yang terancam

10 Bisnis yang Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan (Part 1)