in

Pentingnya Mengajarkan keuangan Sesuai dengan Kategori Usia

keuangan anak

Memberikan pendidikan keuangan kepada anak bukanlah perkara yang sulit. Apalagi jika materi yang diberikan sesuai dengan porsi umurnya. Anda dapat mengajarkan pendidikan keuangan dengan mengubah aktivitas sehari-hari anak menjadi pelajaran untuk mereka. Berikut ini adalah pembagian fase usia sekaligus jenis pengetahuan keuangan seperti apa yang diberikan kepada anak:

1. 2-3 Tahun

Ketika anak masih kecil, anda dapat menamkan kosep mengenai uang seperti mengenalkan jenis- jenis uang dan apa kegunanannya pada usia 2-3 tahun.

2. 4-5 Tahun

Untuk Usia 4-5 tahun anda dapat mengajak anak anda untuk berbelanja. Manfaatkan momen ini untuk memberikan pemahaman tentang jual beli, harga, dan bagaimana cara membeli diperbelanjaan.

3. 6-8 Tahun

Pada usia 6-8 tahun merupakan usia awal anak masuk sekolah. Pada tahun ini anak mungkin telah diberi uang saku. Dari situ anda perlu mulai mengajarkan kepada anak tentang kosnsep menabung. Yang paling sederhana yaitu bisa dimulai dengan anda membrikan celengan kepada anak, yang kemudian anda berikan pesan agar uang saku tidak di habiskan. Sampaikan kepada anak untuk menyimpan sebagian uang yang mereka dapatkan di celengan yang telah mereka miliki. Kemudian berikan pengertian bahwa anak bisa membeli sesuatu yang mereka inginkan dengan uang yang telah berhasil dikumpulkan

Baca Juga  3 Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millennial

4. 9-12 Tahun

Sedangkan usia 9- 12 tahun tanamkanlah tentang harga suatu produk, apakah produk layak untuk dibeli atau mencari harga yang lebih murah. Seperti contoh harga keju di toko A lebih murah dari toko B, maka ajarkan kepada anak untuk membeli di tempat yang harganya lebih rendah. Dengan begitu mereka akan mulai mengetahui konsep menghemat dan keuangan.

5. 13-15 Tahun

Usia 13-15 Tahun anda perlu memberikan pemahaman tentang kosep keuangan jangka panjang, seperti menabung di bank dan melakukan pemutaran uang dengan jual beli. Dengan begitu anak akan terbiasa dengan konsep bekerja dan menabung.

6. 16 Tahun ke atas

Pada usia 16 tahun dan setelahnya adalah fase dimana anak sudah bisa memiliki kartu kredit. Pada usia ini penting bagi anda untuk mengajarkan konsep mengenai tanggung jawab finansial dan anjurkan meraka untuk mengelola keuangannya sediri. Tanamkan kepada mereka untuk mencapai sebuah kebutuhan financialnya mereka harus mencarinya sendiri dan menyusun rencana keuangan jangka panjang dengan baik.

Baca Juga  Tak Ingin Dompet Jebol, Hindari Kesalahan Keuangan Ini (Part 1)

Itulah 6 fase usia yang tepat untuk memberikan pendidikan keuangan kepada buah hati. Pastikan Anda menyampaikan informasi sesuai dengan usia mereka ya!

Tinggalkan Balasan

pendidikan keuangan anak

Bunda, Sampaikan 4 Pengetahuan Dasar Keuangan ini kepada Buah Hati!

nasib gojek

Ekspansi ke Malaysia, ini yang Dialami GoJek