in

Banyak Kondangan dalam Sebulan, Ini Siasat Ekonomisnya

Siasat Mengamankan Dompet ketika Ada Kondangan yang Waktunya Bersamaan
Siasat Mengamankan Dompet ketika Ada Kondangan yang Waktunya Bersamaan (C) KEMBANGMAYANG

Ketika ada banyak kondangan yang waktunya bersamaan dalam sebulan tentu dapat mengancam isi dompet. Tak jarang, banyak yang mengeluhkan hal ini. Lalu, bagaimana siasat ekonomisnya untuk mengamankan dompet?

Bulan Haji/Dzulhijah dalam penanggalan Islam atau Besar dalam kalender Jawa dinilai sebagai bulan yang baik untuk menikah. Tak heran jika di bulan ini banyak orang yang menggelar kondangan/hajatan berupa resepsi pernikahan. Bisa dilihat di jalan-jalan banyak terop yang didirikan.

Tentu saja, bagi sebagian orang, acara kondangan yang waktunya bersamaan ini meresahkan. Di samping harus memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk keluarganya, adanya kondangan memaksa kita menyisihkan sebagian uang untuk keperluan tersebut. Dalam Bahasa Jawa dikenal dengan istilah buwuh, alias memberikan amplop berisi sejumlah uang kepada mempelai yang mengadakan kondangan. Apalagi jika memang ketumpangan, atau si mempelai sudah pernah buwuh kepada kita sebelumnya, tentu kita dianggap ‘berhutang’.

Berat? Tentu saja. Apalagi jika ada kondangan yang waktunya bersamaan. Misal, dalam sepekan ada tiga sampai empat tempat kondangan yang harus dibuwuhi. Anggap saja sebulan ada sampai 10 tempat kondangan. Andai satu tempat kita buwuh 50 ribu rupiah, sebulan kita sudah menghabiskan uang 500 ribu untuk kondangan saja.

Baca Juga  10 Rekomendasi Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Keuangan Anda Stabil (Part 2)

Jauh-jauh sebelum datang bulan ini, memang sebaiknya dipersiapkan dulu dananya. Ini harus benar-benar disiapkan agar tak ada kepanikan ketika menerima undangan sampai 10 kali dalam sebulan.

Siapkan Tabungan

Menyiapkan tabungan adalah cara jitu untuk mengamankan dompet ketika banyak kondangan yang waktunya bersamaan. Tabungan ini erat kaitannya dengan mengisi rekening di bank.

Ambil pilihan tabungan di bank yang bisa diambil setiap saat, baik melalui teller maupun mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tujuannya tentu agar dengan mudah diambil ketika dibutuhkan untuk kepentingan kondangan.

Dana Cadangan

Dana cadangan juga bisa menjadi solusi mengamankan dompet ketika banyak kondangan dengan waktu bebarengan. Berbeda dengan tabungan di bank, dana satu ini bisa disimpan pada sebuah celengan di rumah.

Sebagaimana pemain cadangan pada sebuah pertandingan sepak bola yang biasa masuk menggantikan pemain yang kehabisan tenaga, dana cadangan ini akan sangat dibutuhkan ketika dana utama habis. Dana satu ini juga bisa dipakai untuk pengeluaran mendadak, seperti menghadiri kondangan yang tak cuma sekali dalam sebulan.

Baca Juga  Hendak Beli Smartphone Baru? Pertimbangkan Hal-hal Berikut!

Menagih Piutang

Silakan menagih piutang kepada orang-orang yang sudah berhutang. Dengan melakukan penagihan tersebut, uang tambahan untuk keperluan mendatangi kondangan akan didapat.

Hanya saja, janganlah terlalu berharap dari cara ini. Sebab, tak semua orang yang pernah berhutang bakal mengembalikan uang Anda pada waktu yang diinginkan. Malah kadang banyak juga yang meleset, sekalipun sudah Anda berikan waktu jatuh tempo.

Meminjam Uang Tanpa Jaminan

Meminjam uang tanpa jaminan juga bisa menjadi jalan keluar untuk mendapatkan uang tambahan untuk keperluan mendatangi kondangan yang waktunya bersamaan. Namun, pastikan Anda melakukan peminjaman uang yang tanpa jaminan.

Meminjam uang yang tanpa jaminan biasanya bisa Anda lakukan kepada orang tua, saudara, atau kerabat dekat. Jangan lakukan siasat ini kepada teman yang tak terlalu dekat, atau bahkan kepada orang yang sama sekali tak dikenal. Sebab, potensi keberhasilannya sangatlah kecil.

Menjual Aset

Terakhir, Anda bisa menjual aset yang dimiliki demi mengamankan dompet ketika sedang banjir undangan acara kondangan di rumah. Hanya saja, cara ini paling tidak dianjurkan, selagi masih bisa melakukan cara lain yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga  Inspiratif! 3 Trader Indonesia Dari Satpam Hingga Menjadi Jutawan

Aset yang dimaksud adalah barang-barang yang dimiliki di rumah, seperti handphone, televisi, kulkas, sepeda motor, atau lainnya. Pastikan dulu, aset yang akan dijual ini tidak terlalu dibutuhkan atau tak berpengaruh terhadap kegiatan Anda mencari nafkah sehari-hari.

Nah, itulah tadi beberapa siasat yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan dompet ketika banyak kondangan yang waktunya bersamaan. Anda bisa memilih yang manakah siasat yang paling cocok dan berisiko paling kecil. Ingat, tingkat keberhasilannya tergantung kecakapan masing-masing dalam melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Jika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, strategi yang ke tiga adalah Anda harus mencari banyak aliansi atau kemitraan lokal di pasar sasaran Anda.

5 Strategi Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

analisa forrex

3 Macam Analisa Dalam Pasar Forex