in

Cara Mengelola Gaji Kerja Sampingan

tips mengelola gaji sampingan

Banyak orang masih merasa kesulitan mengelola keuangannya dengan baik. Hasilnya gaji dan jerih payah selama sebulan bekerja menjadi sia-sia. Sebenarnya mengatur keuangan bukanlah hal yang terlalu sulit, dengan cara menghindari budaya konsumtif dan membiasakan hidup hemat merupakn kunci kesuksesan.

Kedala dalam mengelola uang bisa terjadi pada semua gaji yatu pokok dan sampingan. Gaji yang didapat dari pekerjaan sampingan yang seharunya untuk menambah pundi-pundi malah justru digunakan untuk menutupi gaya hidup. Seharusnya gaji pokok dapat di gunakan untuk ditabung yang sewaktu-waktu digunakan untuk hal lain yang lebih berguna. Maka dari itu kamu wajib mengikuti beberapa hal yang wajib dilakukan agar kamu cepat kaya di bawah ini.

1. Buka rekening baru

Cara Pertama adalah dengan memisakan buku rekening untuk gaji pokok dan gaji sampingan. Dengan begitu gaji sampinganmu akan terpisah dari gaji pokok sehingga kamu dapat membuat perencaan keuanan yang lebih mudah. Jika kamu tetap mencampurnya berpotensi habis dalam waktu cepat.

2. Berkegiatan produktif di waktu luang

Salah satu hal yang dapat menguras gajimu adalah waktu luangmu untuk nokrong-nongkrong di cafe. Jika keseringan bisa-bisa gaji mu habis hanya untuk memenuhi gaya hidupmu. Gunakanlah waktu liburmu dengan kegiatan- kegitan yang produktif. Semisal hobimu melukis kamu bisa habiskan waktu libur untuk membuat lukisan yang dapat dijual.

Baca Juga  Dompet Digital “Riba”, Benarkah?

3. Tidak boros

Anak milillenial sekarang lebih suka menghabiskan uangnnya untuk hal yang kurang produktif. Seperti membelanjakan uang untuk nonton tiket dan untuk jalan-jalan keluarga. Selain membuang-buang uang mereka juga menyianiakan waktunya untuk hal yang kurang produktif.

Orang yang cerdas akan memanfaatkan gaji kerja untuk hal-hal yang bermanfaat, misal ditabung untuk masa depan atau untuk keperluan lain yang mendesak. Atau bisa juga memanfaatkan gaji tambahan itu untuk membayar utang-utang yang masih menumpuk.
Selain itu anda bisa memanfaatkan kerja sampingan. untuk diajadiakn sumber dana usaha. Agar uang tetap berputar dan untung tanpa takut terkuras oleh keinginan sesaat kita.

Jika kamu tidak pintar mengelola gajimu, biasa jadi mengguanakan gajimu untuk meningkatkan gaya hidup yang cederung boros. Jadi sekarang bijaklah dalam mengelola uang dari setiap pendapatmu, karena kesuksesan tergantung pada dirimu sendiri.

Tinggalkan Balasan

GoPay Mendominasi Posisi e-Wallet Indonesia

menjadi freelancer

Menjadi Freelancer? Jawab Dulu Beberapa Pertanyaan Berikut!