in

Terapi Keuangan, Bagaimana Mereka Bekerja?

Banyak orang merasa cemas, malu, dan ketakutan dalam kondisi keuangannya. Penyebab situasi itu mungkin beragam. Bisa dari tekanan dari  keluarga, teman, atau lingkungan kerja mereka. Untuk membantu orang mengatasi situasi itu, saat ini sudah ada profesi yang relatif baru bernama terapi keuangan.

Apa itu terapi keuangan?

Terapi keuanganmerupakan gabungan layanan perencanaan keuangan dan perawatan kesehatan mental. Klien akan mendapatkan yang terbaik dari kesehatan finansial dan mental setelah mereka menggunakan layanan ini.

Para terapis keuangan membantu klien mereka untuk memproses perasaan yang mendasarinya tentang uang. Pada saat yang sama, mereka juga membantu klien untuk menyusun rencana pensiun, tabungan, investasi, dan tujuan lainnya.

Ada dua jenis terapis keuangan. Mereka adalah yang berasal dari latar belakang konseling dan menambahkan kompetensi keuangan. Yang ke dua adalah mereka yang berasal dari latar belakang perencanaan keuangan dan menambahkan kompetensi konseling.

Klien dapat memilih salah satu yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Diterjemahkan dari Online Trading Asia ,Uang dan emosi telah diikat bersama sejak awal waktu. Tetapi terapi finansial sebagai suatu praktik adalah hal yang sangat baru. Hal ini karena profesi keuangan ini tidak benar-benar berkembang sejak tahun 2008. Sementara hanya pada tahun 2019 para terapis keuangan dapat mendapatkan sertifikasi dengan Financial Theraphy Certification (FTA). Sertifikasi memastikan mereka dapat membantu klien dengan perselisihan hubungan dan ketidaksepakatan, dan depresi yang berkaitan dengan keuangan.

Baca Juga  Hindari Waktu ini Agar Tidak "Sial" dalam TradingFX

Apa hubungan Emosi dan Keuangan?

Banyak klien terapis keuangan yang secara konsisten merasa khawatir akan uang dan tekanan finansial. Itu terjadi karena menurut laporan dari BlackRock, uang adalah sumber stres nomor satu.

Semua orang tahu bahwa mereka harus menabung lebih banyak dan memperhatikan pengeluaran mereka. Namun, seringkali ada kesalahan antara apa yang mereka “harus” lakukan dan apa yang sebenarnya mereka lakukan.

Oleh karena itu, orang membutuhkan ahli terapi keuangan untuk terus mengingatkan mereka tentang pentingnya menabung dan bagaimana menghadapi gangguan emosi setiap kali rencana keuangan mereka gagal.

Tinggalkan Balasan

jenis-jenis usaha yang terancam

10 Bisnis yang Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan

Ibu Kota Pindah, HKI Sebut Ada Dampak Positif untuk Ekonomi

HKI Sebut Pindahnya Ibu Kota Berdampak Positif untuk Ekonomi