in

Kesalahan Finansial yang Pantang Dilakukan Orang Kaya (Part 2)

finansial orang kaya

Kondisi finansial seseorang tentunya tak lepas dari kebiasaan sehari-hari. Demi terwujudnya kondisi fiansial yang aman, tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan terutama dalam hal meminimalisir kesalahan finansial. Jika sebelumnya PikiranTrader telah membahas beberapa kesalahan finansial yang pantang dilakukan oleh orang kaya, kali ini PikiranTrader akan kembali membahas di part-2. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini;

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2019

1. Menghamburkan Uang demi Kebahagiaan Semu

Meskipun orang kaya punya uang melimpah, mereka tidak menggunakan uangnya untuk sesuatu yang bersifat semu, seperti pesta pora atau berjudi. Kebiasaan pesta dan judi sangat dihindari karena kegiatan ini sama saja dengan menghambur-hamburkan uang. Daripada uang habis untuk berpesta, mereka lebih memilih untuk berinvestasi pada instrumen investasi yang menguntungkan seperti properti dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, nilai dari aset yang mereka investasikan akan mendatangkan keuntungan yang melimpah. Tidak heran jika jumlah kekayaan mereka semakin bertambah.

2. Pergi Belanja Tanpa Membuat Anggaran

Keinginan berbelanja sering muncul tanpa disadari. Tapi, usahakan untuk selalu membuat anggaran belanja dan membawanya ke pusat perbelanjaan. Jika anggaran belanja tertinggal di rumah, kamu dapat membuat anggaran belanja baru sebelum pergi belanja. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat anggaran baru tidak lama kok, paling berkisar 10 – 15 menit saja! Demikian juga yang selalu dilakukan orang kaya. Dengan adanya anggaran, barang-barang yang dibeli tidak akan melenceng dari daftar kebutuhan sehingga pengeluaran semakin terkontrol.

Baca Juga  3 Langkah Memeriksa Kesehatan Dompet

Baca juga: 3 Dampak Negatif Penggunaan Kartu Kredit

3. Menghabiskan Uang untuk Membayar Denda

Orang kaya memiliki pola hidup yang disiplin, apalagi untuk urusan keuangan. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk menghindari pengeluaran yang sifatnya konyol seperti membayar denda kartu kredit yang jatuh tempo. Mereka selalu mengingat setiap pengeluaran secara detail, apalagi jika pengeluaran tersebut disebabkan karena gaya hidup mereka sendiri. Orang kaya tidak pernah keberatan jika waktunya habis untuk meneliti arus keuangan. Sebab mereka sadar jika finansial yang sehat dapat terwujud apabila disertai dengan pengorbanan untuk mengelola finansial itu sendiri.

4. Menginvestasikan Uang saat Usia Bertambah Tua

Melirik instrumen investasi saat usia bertambah tua merupakan kesalahan besar. Padahal, berinvestasi sangat baik jika dilakukan sejak usia masih dini. Seperti halnya Warren Buffet yang telah mulai berinvestasi sejak usia 11 tahun dan lihat hasil yang Buffet peroleh. Saat ini, dia berhasil masuk dalam daftar tiga besar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai miliaran dolar Amerika. Jangan beranggapan kalau investasi hanya ditujukan untuk orang kaya saja. Semua orang yang memiliki gaji pas-pasan, bahkan yang masih berstatus sebagai pelajar sekalipun dapat berinvestasi dengan modal kecil-kecilan.

Baca Juga  BEI Mengubah Batas Auto Rejection ke 7%

Baca juga: Awas! Ini Ciri-ciri Penipu Loker Online (Part 2)

Itulah beberapa kesalahan finansial yang pantang dilakukan oleh orang kaya. Semoga ulasan PikiranTrader diatas dapat membantu anda, khususnya dalam mengelola keuangan anda.

Tinggalkan Balasan

PT Kertas Leces bangkrut

Aduh! Salah Satu BUMN Kertas Bangkrut, Berapa ya Utangnya?

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2)

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (2)