in

Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman (2)

Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman (2)
Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman (2) (C) LIPUTAN6

Para wanita harus tahu, salah satu kriteria istri idaman masa kini adalah istri yang pandai mengatur keuangan. Memang, tugas suami adalah bekerja mencari nafkah, sedangkan tugas seorang istri adalah mengelola keuangan keluarga.

Tentunya, tak ada suami yang ingin nafkah yang diberikannya terbuang sia-sia begitu saja. Terlebih suami yang memiliki penghasilan tetap, di mana punya jadwal tertentu kapan menerima gaji. Apa jadinya jika waktu gajian belum tiba namun ternyata uang sudah habis gara-gara istri yang tak bisa mengatur keuangan rumah tangga?

Memang, ketika masih melajang, banyak wanita yang suka menghamburkan uang demi kesenangan pribadinya. Misalnya membeli apa pun yang diinginkan, sekali pun tak terlalu dibutuhkannya. Traveling atau sekadar jalan-jalan tak jelas ke mall bersama teman-teman sesama jenis. Ada pula yang suka menghabiskan waktu, dan uang tentunya, di spa dan salon untuk perawatan kecantikan. Ketika masih belum berkeluarga, mungkin semua hal di atas halal dilakukan. Lalu, bagaimana ketika seorang wanita memutuskan menikah, dan menjadi istri dari lelaki yang dicintainya?

Baca Juga  Hendak Meminjamkan Uang? Simak Beberapa Tips Berikut

Jika suami adalah Presiden alias Kepala Keluarga, maka istri mendapatkan predikat tak resmi sebagai Menteri Keuangan. Maka, istri yang pandai mengatur keuangan adalah istri idaman para suami masa kini. Julukan sebagai menteri keuangan itu bukan main-main disandang seorang istri. Mungkin karena sifat dasar seorang wanita yang pandai menawar dan melirik barang dengan harga termurah.

Meski demikian, mengatur keuangan bisa dibilang tak gampang bagi seorang istri. Terlebih banyak tetek-bengek keuangan keluarga yang harus dikuasainya. Mulai dari uang saku anak, biaya tagihan bulanan (pulsa handphone, listrik, air, dan lain-lain), tabungan, sampai menyiapkan pengeluaran tak terduga.

Masalah keuangan ini menjadi hal yang sensitif sebagai penyebab pertengkaran rumah tangga. Menjadi istri yang pandai mengatur keuangan pastinya sedikit-banyak akan mencegah potensi terjadinya pertengkaran rumah tangga tersebut.

Pada artikel sebelumnya Anda sudah mendapatkan tiga tips, yakni membuat anggaran belanja, menyimpan uang di tempat terpisah, dan menabung. Maka, berikut ini beberapa tips dan trik selanjutnya untuk menjadi istri idaman.

Baca Juga  Mengubah Target Keuangan di Tengah Pandemi Corona

Hindari Sifat Boros

Sebagai istri dengan predikat pangatur keuangan terbaik, jangan sekali-sekali memiliki sifat boros. Hindarilah sifat tersebut jika Anda ingin bisa menyelamatkan keuangan keluarga.

Anda wajib mengetahui, segala hal yang menyangkut keuangan sangatlah sensitif. Namun, jika Anda mampu mengatasinya, maka predikat istri yang pandai mengatur keuangan layak Anda miliki. Seorang suami memberikan kepercayaan penuh pada istrinya untuk mengatur semua penghasilan yang didapatnya. Maka, kepercayaan itu sebaiknya dijaga, agar tidak sampai mengecewakan suami.

Selain itu, jangan sampai Anda mudah terpengaruh oleh ajakan belanja ibu-ibu lainnya yang mungkin secara keuangan lebih mumpuni. Jika belanja hanya untuk memenuhi nafsu batin, sebaiknya tidak dilakukan. Prioritaskan belanja barang-banrang yang benar-benar dibutuhkan keluarga Anda.

Belajar Berinvestasi

Bukan cuma suami saja yang boleh berinvestasi, seorang istri pun berhak melakukannya. Bahkan, Anda bisa saling bekerja sama suami-istri untuk melakukan investasi.

Tak ada salahnya seorang istri juga ikut campur dalam hal berinvestasi bersama suami. Sebaiknya, terlebih dahulu istri mempelajari cara dan produk investasi apa yang yang potensial dan dibutuhkan untuk keluarga.

Baca Juga  Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman

Misalnya, untuk kebutuhan anak yang tidak bisa disiapkan secara mendadak, Anda harus mempersiapkan dan merencanakannya dengan matang. Jadi, langkah praktisnya, Anda bisa menyisihkan 10 persen dari pendapatan suami untuk berinvestasi. Misalnya didepositokan.

Menyiapkan Asuransi

Sama halnya dengan investasi, berasuransi juga pernting. Seorang istri pun bisa melakukannya, tanpa melulu mengandalkan suaminya.

Anda bisa merencanakan masa depan sebaik mungkin dengan menggunakan asuransi. Asuransi adalah salah satu solusi jangka pendek yang bisa menjawab ketika misal kepala keluarga mengalami musibah kecelakaan. Maka, asuransilah yang akan membayar biaya pengobatannya.

Tinggalkan Balasan

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2)

Hindari Kesalahan Ini Jika Ingin Membeli Rumah Baru!

asap siaga darurat

Status Siaga Darurat! Asap Memperburuk Perekonomian Rakyat