in

Keuntungan Istri yang Punya Penghasilan Sendiri (2)

Keuntungan Istri yang Punya Penghasilan Sendiri (2)

Semua sudah tahu jika tugas utama seorang suami adalah mencari nafkah untuk menyangga finansial keluarga. Namun, bukan berarti seorang istri tidak boleh ikut bekerja. Sebab, bagi seorang istri yang punya penghasilan sendiri akan sangat menguntungkan.

Ada stigma lawas di masyarakat yang menyebutkan bahwa tugas seorang istri hanya sebatas di dapur, sumur, kasur. Tidak untuk wanita masa kini. Mungkin, dulu hanya wanita terpelajar yang bersekolah setinggi-tingginya yang memutuskan bekerja meski sudah berumah tangga. Namun, sekarang ini, tak peduli seberapa tinggi tingkat pendidikannya, banyak wanita yang juga bekerja demi membantu menyokong finansial keluarga.

Sebelum memutuskan ikut bekerja seperti sang suami, sebagai istri harus menimbang-nimbang agar dapat mengambil keputusan yang bijak tanpa melukai hati siapa pun. Pertimbangannya bukan cuma sekadar punya penghasilan sendiri. Dibutuhkan niat, keseriusan dan berani menjamin bahwa pekerjaan rumah tangga yang menjadi kewajiban istri tak terbengkalai.

Selain itu, sebelum memutuskan bekerja haruslah meminta izin kepada suami terlebih dahulu. Jika suami setuju dan merasa tak keberatan, maka istri bisa melanjutkan rencana untuk ikut membanting tulang. Namun, ketika sang suami tak mengizinkan dengan alasan yang masuk akal, lebih baik mundur.

Baca Juga  Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Milenial

Dari artikel sebelumnya, kita sudah tahu dua keuntungan seorang istri yang punya penghasilan sendiri, yakni untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran tak terduga, dan untuk menambah tabungan. Berikut ini dua keuntungan lainnya.

3. Jadi Wanita Mandiri

Wanita mandiri yang tak bergantung pada suami akan memiliki nilai lebih. Kemandirian itu bisa diperoleh salah satunya dengan cara memiliki penghasilan sendiri.

Dengan memiliki penghasilan sendiri, seorang istri tak akan bergantung pada suami. Anda bisa memenuhi kebutuhan sendiri, utamanya keperluan pribadi, tanpa “nodong” suami. Tentu saja, anda kepuasan atau rasa bangga jika bisa melakukannya.

Mungkin, saat ini suami Anda bisa memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga. Namun, coba bayangkan jika suatu saat sang suami mengalami musibah atau kondisi finansialnya sedang terpuruk. Maka, Anda bisa maju sebagai penyelamat pertama bagi keluarga.

4. Investasi dan Asuransi

Investasi dan asuransi itu sangat penting untuk menyiapkan masa depan keluarga. Jika suami belum bisa memenuhinya, Anda sebagai istri yang berpenghasilan bisa merintisnya.

Baca Juga  10 Rekomendasi Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Keuangan Anda Stabil (Part 2)

Jika selama ini uang belanja dari suami hanya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, tanpa bisa disisihkan untuk keperluan masa depan, maka istri setidaknya dapat turut menopangnya. Tak peduli berapa jumlah penghasilan istri yang disisihkan, yang jelas akan sangat berarti bagi masa depan keluarga.

Anda akan mengerti pentingnya investasi dan asuransi ketika benar-benar sudah membuktikannya sendiri. Dengan melakukan investasi dan memiliki asuransi, masa depan Anda dan keluarga bisa terjamin.

Tinggalkan Balasan

Politik Kantor Berdampak Penting bagi Karier Anda, Apa Saja Manfaatnya?

20 juta untuk beli iPhone atau investasi

Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 2