in

Mengenal Kredit Multiguna, Keungulan & Jenisnya (Part 2)

jenis kredit multiguna

Jika pada artikel sebelumnya Anda telah menyimak tentang apa itu Kredit Multiguna, kali ini PikiranTrader akan mengulas tentang beberapa jenis dari Pinjaman Kredit Multiguna ini. Sebenarnya ada beberapa jenis dari kredit multiguna yang bisa Anda manfaatkan. Apa saja? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Kredit Kendaraan Bermotor

Bagi Anda yang pernah membeli motor dengan cara kredit, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan kredit menggunakan jaminan. Jaminan yang dimaksud adalah BPKB motor yang disimpan leasing. Pembeli harus mengangsur motor yang dibeli setiap bulannya, sesuai dengan kesepakatan awal yang dibuat kedua belah pihak. Aturan yang ditetapkan adalah angsuran harus dilunasi dulu, baru BPKB diserahkan ke nasabah. Apabila terlambat membayar angsuran, dikenakan denda dan apabila nasabah tidak mampu melunasi, motor akan ditarik oleh leasing.

Baca juga: Modal Usaha Tanpa Pinjam Bank? Wajib Simak Tips Berikut!

Namun tidak perlu khawatir, karena leasing tidak bisa sembarangan menarik motor. Ada aturan pemerintah tentang jaminan fidusia, yang berisi tentang jaminan atas pinjaman adalah milik peminjam yang dipercayakan untuk dipegang oleh pihak yang meminjami sampai lunas. Artinya BPKB dan kendaraan adalah milik orang yang mengkredit. Apabila terjadi gagal bayar, harus diselesaikan secara hukum. Berarti leasing melanggar hukum dan bisa dipidanakan, jika tetap menarik motor secara sepihak.

Baca Juga  Tips Jitu Mengatur Keuangan Untuk Menyambut Buah Hati (Part 2)

2. Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), merupakan kredit yang paling diminati oleh orang yang sudah berkeluarga, tetapi belum memiliki tempat tinggal tetap. Pada prinsipnya KPR dan KPA sama, hanya berbeda obyeknya saja, KPR untuk Rumah dan KPA untuk Apartemen, bahkan persyaratan yang ditetapkan juga sama. Jika ikut KPR, berarti nasabah memberikan surat hak milik hunian sebagai jaminan sampai lunas. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, ada sanksi yang yang harus diterima. Bahkan akan terjadi sita bank, bila tidak mampu melunasi

3. Kredit Usaha

Kredit usaha biasanya ditujukan untuk mendirikan usaha atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Jaminan yang digunakan bisa ditentukan sendiri oleh peminjam, asalkan jumlahnya tidak melebihi nilai taksir jaminan. Misalkan yang dijadikan jaminan adalah rumah yang ditaksir bernilai 500 juta, maka jangan mengajukan pinjaman 1 milliar. Sebaiknya pengajuan pinjaman disesuaikan dengan jumlah kebutuhan, jangan melebihi kebutuhan agar tidak terlalu berat angsuran per bulannya. Misalkan Anda membutuhkan tambahan dana sebesar 200 juta untuk mengembangkan usaha.

Baca Juga  4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat

Sedangkan rumah ditaksir 500 juta, sebaiknya tetap mengajukan pinjaman sebesar 200 juta. Ingat semakin besar pinjaman, semakin berat juga beban angsuran yang harus dibayar setiap bulannya. Aset yang dijadikan jaminan akan dinilai oleh bank, untuk ditentukan apakah menyetujui atau menolak pengajuan pinjaman. Jika  pengajuan pinjaman disetujui, dana akan dicairkan. Jika sampai terjadi kredit macet, asset akan di sita bank. Kemudian aset tersebut akan dilelang sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk menutupi pinjaman nasabah yang belum lunas.

4. Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pinjaman uang dengan jaminan aset yang dimiliki. Adapun asset yang dapat digunakan sebagai jaminan di pegadaian antara lain: sertifikat rumah, BPKB kendaraan bermotor , laptop, Emas dan barang berharga lainnya. Untuk lebih lanjut Andapun dapat membuka situs resmi Pegadaian ini secara online.

Baca juga: Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Mebel

Itulah sedikit banyak ulasan tentang Kredit Multiguna, baik dari keunggulan dan beberapa jenisnya. Semoga ulasan PikiranTrader kali ini dapat bermanfaat, khususnya bagi anda yang tengah membutuhkan pinjaman.

Baca Juga  7 Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

Tinggalkan Balasan

Cut Loss, Malaikat Pelindung untuk Trading Forex Anda

CMC Markets: Broker Pilihan Prima untuk Trader Pemula