in

Tips Menabung Rutin ala Dollar Cost Averaging

Dollar Cost Averaging

Banyak investor mencari “rahasia” atau “tips jitu” untuk menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Pada kenyataannya sebagian besar investor tidak akan menemukan solusi ajaib tersebut.

Membeli dengan harga rendah kemudian menjual di harga tinggi bukanlah hal yang mudah. Mencari waktu yang tepat untuk investasi dibutuhkan pengetahuan dan riset yang mendalam dalam membaca tren pasar dan kondisi ekonomi. Bukan hal yang mudah untuk pemula.

Sebenarnya, tidak ada seorangpun yang mampu menebak atau memprediksi secara akurat dan konsisten tentang pergerakan pasar modal. Bahkan, hanya 5% atau 1 dari 20 Manajer Investasi profesional yang mencoba membeli atau menjual di “waktu yang tepat” berhasil mengalahkan benchmark mereka.

Kunci sukses berinvestasi sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan bahkan untuk investor pemula. Rahasianya terletak di Konsistensi. Nabung secara rutin.


Dollar Cost Averaging

Strategi nabung rutin dengan Dollar Cost Averaging (DCA) adalah sebuah metode sederhana dimana Anda menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu. DCA dimaksudkan untuk mencegah investor melakukan investasi berlebihan pada “waktu yang salah” di harga yang tinggi. Mengingat bahwa, menentukan waktu yang tepat dalam berinvestasi adalah hal yang sangat sulit (kecuali faktor keberuntungan).

Baca Juga  Mengenal Teknik Kakeibo, Seni Menyimpan Uang ala Jepang

Menabung rutin bisa Anda mulai dengan uang Rp 100 ribu sekalipun. Gagasan di balik DCA adalah menabung secara konsisten tanpa peduli naik atau turunnya harga reksadana. Tanpa peduli kondisi ekonomi. DCA akan membantu Anda disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih dikit pada waktu harga naik. Hal ini akan membuat Anda mengambil keputusan investasi yang lebih mudah dan terhindar dari keputusan emosional.

Selain itu, semakin lama Anda berinvestasi maka semakin besar jumlah uang yang Anda tabung dengan return yang lebih optimal, karena dalam investasi ada efek Compound Interest (bunga berbunga).

Menurut Albert Einstein, Compound Interest adalah penemuan matematika terhebat di dunia yang mampu membuat Anda kaya dengan melipat gandakan uang. Bunga berbunga artinya bunga dari investasi Anda juga akan berbunga, dan hasilnya akan berbunga lagi sehingga pertumbuhannya terakumulasi seterusnya secara exponential.

Anda nggak perlu buru-buru jadi kaya, karena berinvestasi memang butuh waktu untuk menunjukkan hasil bahkan sampai 10-40 tahun. Keputusan investasi yang Anda lakukan hari ini akan memiliki dampak besar jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

Baca Juga  Tips Mengelola Finansial: Kebutuhan dan Keinginan

Tinggalkan Balasan

waktu terbaik beli emas

Awas! Begini Modus Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games!

3 Cara untuk Menjaga Data Pribadi Anda Dengan Hati-hati