in

Butuh Dana Cepat, Lebih Baik Jual atau Gadai Emas?

emas

Banyak orang telah lama mengandalkan emas sebagai salah satu jenis investasi yang stabil untuk mendapatkan imbal balik yang besar. Selain karakteristik emas yang cenderung mengalami kenaikan harga setiap tahunnya, emas juga mudah dijual jika kondisi darurat. Namun, dalam menjalani kehidupan, kadangkala kita mengalami kondisi keuangan dalam keadaan darurat misalnya saja akibat kehilangan pekerjaan atau kegagalan dalam bisnis yang dijalankan akibat berbagai sebab.

Manakala seseorang mengalami hal tersebut, maka kebutuhan akan uang semakin mendesak, oleh karena itu jika kita memiliki emas sebagai dana darurat, kita bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut. Pertanyaannya, sebaiknya lebih memilih jual emas atau digadaikan saja emasnya? Kondisi ini tentunya akan membingungkan. Oleh karena itu PikiranTrader akan membahas kelebihan dua opsi ini;

Baca juga: Resiko Trading Emas Online Di Pasar Forex

Jual Emas

Opsi pertama ialah menjual emas anda. Ada beberapa kelebihan apabila anda memilih opsi yang satu ini, seperti contohnya harga yang biasanya akan lebih tinggi (mengikuti harga standar Antam). Namun yang harus digaris bawahi harga ini tetap fluktuatif dan tergantung dimana membeli emas tersebut. Banyak toko emas yang membuat standar harga buyback 4% dari harga saat ini. Jika toko tidak terbuka dalam membuat acuan harga maka Anda bisa cek harga jual maupun harga buyback yang dikeluarkan oleh Antam.

Baca Juga  Kesalahan Finansial yang Pantang Dilakukan Orang Kaya

Selain soal harga, proses pencairan akan lebih cepat dibandingkan Anda menggadaikan emas. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah pergi ke toko emas dan uang akan langsung anda terima setelah Anda memberikan emas tersebut. Opsi ini sangat cocok apabila kondisi Anda tengah membutuhkan uang cepat.

Baca juga: Beberapa Alasan Mengapa Berlian Lebih Menguntungkan untuk Investasi

Gadai Emas

Opsi yang kedua ini akan sedikit berbeda dengan opsi yang pertama, yaitu menggadaikan emas Anda. Kelebihan dari opsi ini ialah Anda tetap memiliki emas tersebut karena fisik emas hanya digadaikan dan bukan dijual. Namun nilai pencairan yang lebih rendah dibandingkan jika menjual langsung. Biasanya nilai gadai 85-95% dari nilai taksir  untuk bank syariah dari nilai taksir. Selain itu juga tak butuh waktu yang lama apabila Anda memilih opsi kedua ini, mengingat emas hingga saat ini masih menjadi logam mulia primadona. Memang tak sesimpel saat anda memilih menjual emas. Yang perlu anda lakukan ialah mempersiapkan berkas-berkas seperti identitas diri dan surat kepemilikan emas tersebut dan uang dapat Anda bawa pulang.

Baca Juga  Kecanduan Akut Berbelanja Online? Berikut Solusi Jitunya!

Jika melakukan gadai emas maka ada biaya gadai yang harus Anda pertimbangkan, sehingga jangan sampai tujuan dari masa depan (pernikahan, biaya pendidikan anak, dan lain-lain) berubah  akibat keliru dalam mengelola keuangan karena gadai emas tersebut. Jadi, sudah Anda putuskan? Mau jual atau gadaikan saja emas Anda?

Tinggalkan Balasan

hati-hati dengan bandar saham

Hati-Hati Dengan Bandar Saham! Yuk, Lebih Mengenal Bandarmologi (Part 1)

Mengukur Kesuksesan Bisnis Anda, Beranikah?