in

Wajib Disimak Untuk Fresh Graduate ! Cara Mengatur Keuanganmu

Cara mengatur keuangan pribadi

Bagi fresh graduate yang baru saja memegang gaji pertama, maka momen ini adalah saat yang tepat untuk mulai belajar cara mengatur keuanganmu dengan pas.

Karena pada dasarnya, memiliki perencanaan keuangan yang baik akan membuat hidupmu mendapatkan banyak manfaat. Yakni baik saat ini maupun di masa mendatang.

Baca juga:Bersiaplah Shopping Lovers! Hujan Diskon di Harbolnas 2019

Tips Atur Keuangan Bagi Fres Graduate

Berikut ini merupakan tips mengenai cara mengatur keuanganmu bagi seorang yang baru saja lulus dan baru saja mempunyai penghasilan, dikutip dari CNBCIndonesia:

1. Membuat daftar kebutuhan prioritas

Jangan sampai lupa diri ketika kamu memeganggaji pertamamu. Hindari menggunakannya untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Mulai belajar membedakan manakah yang prioritas dan manakah yang hanya ‘keinginan’ semata.

Untuk tips tambahan, kamu bisa memanfaatkan diskon-diskon saat ingin membeli barang prioritas yang sudah kamu buat.

2. Gunakan aturan 50-30-20

Apakah itu aturan 50-30-20? Ini adalah besaran persen yang seharusnya kamu alokasikan untuk beberapa keperluan.

Baca Juga  Pengangguran Setelah Sarjana? Mungkin Ini Penyebabnya!

Adapun 50% total gaji yang kamu miliki digunakan untuk kebutuhan. Contohnya, untuk makan, transportasi atau bahan bakarnya, uang sewa kos/ kontrakan, dan lain-lain.

Baca juga: Mulai Dari Lem Aibon, Desa Hantu Hingga Impor Pacul! Alangkah Lucunya Negeriku Ini

Selanjutnya 30% dari gaji digunakan untuk tabungan dan membayar utang. Biasakan untuk menabung beberapa persen gajimu, jangan digunakan untuk foya-foya saja. Dan juga, jangan lupakan hutang ataupun cicilan yang wajib dibayarkan. Selanjutnya, lebih baik hindari untuk memiliki cicilan, usahakan untuk membeli barang dengan cara langsung lunas.

Nah, sisanya 20% digunakan untuk membeli keinginan pribadi. Pasti kamu juga butuh membahagiakan diri sendiri kan? 20% gajimu ini bisa digunakan untuk nongki bersama teman-teman atau membeli barang yang kamu inginkan.

3. Belajar berinvestasi

Selain active income, cobalah untuk membuat passive income dengan berinvestasi. Perkaya asetmu dengan investasi emas batyangan, saham, atau reksa dana. Saat ini banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu gunakan. Dan pastinya hal ini sangat berguna bagi masa depanmu.

Baca Juga  Promo Dompet Digital Membuat Kita Semakin Boros. Benarkah?

4. Sisihkan gaji untuk dana darurat

Bisa saja kondisi tertentu atau bahkan suatu hal yang tidak diinginkan terjadi di masa mendatang yang mana membutuhkan dana di luar anggaran. Untuk itu, kamu perlu sekali menyisihkan gajimu untuk dana darurat.

5. Jangan lupa sedekah dan bahagiakan orang sekitar

Sedekah jangan sampai dilupakan ya! Hal ini merupakan wujud syukur kita pada sang Pencipta yang telah memberikan kita rejeki. Dan juga tak lupa untuk membahagiakan orang sekitar, karena dengan support mereka kamu bisa sampai sejauh ini meriah cita-citamu.

Baca juga: Pemula, Simak 3 Instrumen Investasi yang Pas Buat Anda!

Tinggalkan Balasan

tips biar tidak kalap saat belanja di harbolnas 2019

Tips Biar Tidak Kalap Saat Belanja di Harbolnas

keuaangan milenial

Kebiasaan ‘Pembawa Sial’ Bagi Keuangan Para Milenial