in

Memiliki Lebih dari 1 Kartu Kredit? Ini Manfaatnya!

Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya
Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya

Diera yang serba praktis seperti sekarang ini, kebutuhan akan cashless dengan kartu kredit tentu bukan menjadi hal yang mewah lagi. Kartu kredit kini seolah sudah menjadi bagian penting, khususnya bagi masyarakat Indonesia dalam menunjang kegiatan jual-beli. Nah, lalu apa jadinya bila Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit? Kali ini PikiranTrader akan mengulas beberapa manfaat yang akan Anda rasakan, apabila memiliki lebih dari 1 kartu kredit.

1. Opsional Sesuai Kebutuhan

Manfaat pertama jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit ialah anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, ketika Anda kehabisan uang tunai saat travelling ke luar negeri. Saat itu Anda ingin membeli sebuah barang ataupun oleh-oleh. Ditambah toko tersebut hanya menerima pembayaran dari kartu kredit X, atau dengan menggunakan kartu kredit tersebut Anda mendapatkan diskon yang lebih besar. Sayangnya kartu kredit X tidak populer di Indonesia. Nah, dengan memiliki lebih dari satu kartu kredit, Anda pun tak perlu menghawatirkan hal tersebut.

Baca Juga  Ganti Kartu Kredit? Pahami dulu Penjelasan ini!

 2. Beda Kartu, Beda Penggunaan

Anda dapat mengatur pengeluaran jika memiliki kartu kredit lebih dari satu dengan cara memisahkan penggunaannya. Seperti misalnya ada kartu yang khusus untuk belanja kebutuhan sehari-hari, elektronik, gadget dan seterusnya. Saya ambil contoh anda memiliki kartu kredit A khusus untuk berbelanja di swalayan karena diskon yang besar, kartu kredit  khusus untuk membeli tiket pesawat, dan sebagainya. Sehingga Anda dapat mengawasi dan memantau pengeluaran di masing-masing kartu kredit, serta menjadi lebih waspada bila ada kejadian yang tidak diinginkan. Misalkan Anda mempunyai kartu kredit X untuk berbelanja kebutuhan primer bulanan di swalayan, kemudian mempunyai kartu kredit Y khusus untuk berbelanja barang-barang sekunder, seperti gadget dan elektronik dan sebagainya. Nah, jika misalnya di tagihan kartu kredit A terdapat transaksi pembelian gadget terbaru, Anda pasti akan kebingungan dan wajib mencari tahu siapa yang menggunakan akun kartu kredit tersebut.

Baca juga: Plus Minus Sistem Pembayaran Kredit

3. Manfaatkan Poin Reward

Seperti yang kita ketahui bersama, kartu kredit selalu memberikan penawaran hadiah dalam periode tertentu. Jika mempunyai 1 kartu kredit, berarti ada 1 hadiah, maka mempunyai banyak kartu kredit berarti mempunyai peluang lebih banyak untuk berkesempatan memperoleh rewards dari transaksi kartu kredit tersebut. Kartu kredit yang menawarkan banyak benefit untuk berbelanja di swalayan ataupun yang menawarkan point reward untuk pembelian gadget dan produk elektronik lainnya dapat dimanfaatkan untuk memperoleh point reward sebanyak-banyaknya.

Baca Juga   4 Hal Penghambat Anda untuk Menjadi Orang Kaya

Point rewards yang ditawarkan masing-masing kartu kredit berbeda-beda. Misalnya kartu kredit X dapat diskon di Café A dan kartu kredit Y dapat diskon di Restoran B. Jadi apabila Anda ingin makan malam sebaiknya gunakan kartu kredit Y di Restoran B. Kemudian untuk ngobrol sambil minum kopi di Café A dengan memakai kartu kredit X. Apabila hal ini dilakukan, maka tanpa disadari Anda sudah memiliki banyak point reward dari setiap kartu kredit karena memaksimalkan penggunaan berdasarkan reward yang ditawarkan.

Baca juga: Apa itu Rekening Koran? Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Contoh lain misalnya Anda ingin membeli gadget terbaru dengan fasilitas cicilan bunga 0% dan cashback. Ternyata fasilitas tersebut hanya berlaku untuk kartu kredit X yang kebetulan merupakan salah 1 kartu kredit yang dimiliki. Maka secara otomatis kartu tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi dan mendapatkan fasilitas cicilan bunga 0% dan layanan cashback. Masing-masing kartu kredit memberikan reward yang berbeda-beda. Contohnya semester ini ada reward kamera dari kartu kredit X jika mampu mengumpulkan total poin 2.500. Jika menginginkan reward tersebut, sebaiknya fokus menggunakan kartu kredit X untuk bertransaksi sampai terkumpul 2.500 poin. Untuk semester selanjutnya, silahkan cek program dari semua kartu kredit yang anda miliki, sebab tiap semester rewardnya dapat berganti-ganti.

Baca Juga  Belanja Online dengan Kartu Kredit? ini Tips Amannya

Tinggalkan Balasan

Ahok bakal jadi bos pertamina

Ahok Bakal Jadi Bos Pertamina, Apa saja Tugasnya?

6 Kisah Trader yang Sukses dan Bangkit dari Kerugian