in

5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui

5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui
Photo by David Travis on Unsplash

Ketika seseorang masih muda, banyak orang yang cenderung hidup tanpa memikirkan keuangan kedepannya. Padahal jika seseorang sudah mencapai usia 30 tahun, seseorang harus sudah memiliki ilmu tentang finansial dengan cukup baik. Hal tersebut harus diketahui agar kehidupan finansial di masa depan menjadi lebih baik. Berikut adalah 5 kiat finansial yang wajib diketahui seperti yang dilansir dari koinworks.com.

5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui

  1. Membeli atau Menyewa. Jika anda sudah memiliki keluarga di usia 30 tahun, anda harus menentukan apakah anda harus menyewa atau membeli rumah. Anda bisa memilih membeli atau menyewa berdasarkan kondisi finansial anda. Jika anda memilih untuk membeli, anda harus mempertimbangkan apakah penghasilan anda cukup untuk membayar kredit dan kehidupan sehari-hari. Selain itu ada juga harus mempersiapkan dana tambahan untuk asuransi, pajak, dan lain-lain. Jika anda lebih memilih untuk menyewa, pastikan harga sewa tidak melebihi 30 persen dari gaji. Hal tersebut dilakukan agar kebutuhan yang lain masih bisa terpenuhi.
  2. Memiliki Gaya Hidup yang Lebih Sehat. Yang dimaksudkan dengan gaya hidup lebih sehat disini adalah anda secara rutin menyisihkan 20 persen gaji untuk melakukan investasi. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin jika anda mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Selain itu kurangilah berbelanja hal yang kurang penting agar dana yang digunakan untuk berinvestasi bisa semakin besar.
  3. Mempunyai Dana Darurat. Dana darurat adalah hal krusial yang sering dilewatkan oleh banyak orang. Anda harus selalu menyiapkan dana darurat karena hidup selalu dipenuhi oleh hal-hal yang tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu anda harus selalu menyiapkan dana darurat yang siap dicairkan kapan saja. Anda bisa menyiapkan dana darurat dari 10 persen gaji yang anda terima setiap bulannya.
  4. Segera Lunasi Hutang. Ketika anda memiliki hutang dari kartu kredit atau pinjaman online, ada baiknya untuk segera dilunasi. Hal ini harus segera dilakukan karena terkadang kredit memiliki bunga dan uang yang harus dibayarkan bisa membengkak karena bunga tersebut.
  5. Melakukan Diversifikasi Penghasilan. Ada baiknya anda memiliki lebih dari satu penghasilan ketika sudah memasuki usia 30 tahun. Anda bisa memilih pekerjaan yang lebih santai atau bisa dikerjakan di rumah. Hal ini dilakukan untuk menambah penghasilan dan menambah ilmu anda. Akan tetapi anda harus melihat kondisi pasar dahulu sebelum melakukan pekerjaan yang lain. Hal ini dilakukan agar anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.
Baca Juga  Ganti Kartu Kredit? Pahami dulu Penjelasan ini!
Saham Pilihan Pada Pembukaan Perdagangan

5 Tips Jitu Agar Terbiasa Berinvestasi

Tips Berinvestasi Saat Pandemi Corona

Tips Berinvestasi Saat Pandemi Corona