in

3 Kiat Cerdas Mengelola Keuangan

3 Kiat Cerdas Mengelola Keuangan
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Mengelola keuangan memang tidaklah mudah, terutama untuk orang-orang muda. Akan tetapi pengelolaan keuangan itu sangat diperlukan agar anda semua bisa mencapai kesuksesan finansial. Kesuksesan finansial bisa dicapai dengan cara melakukan hal-hal kecil yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan keuangan anda. Berikut adalah 3 kiat cerdas mengelola keuangan seperti yang dilansir dari koinworks.com.

3 Kiat Cerdas Mengelola Keuangan

  1. Jangan Melakukan Pembelian Impulsif. Hal yang paling menyakiti kehidupan keuangan anda adalah pembelian barang secara impulsif. Memang sifat ini sering terjadi pada banyak orang, akan tetapi anda harus bisa menahan diri untuk tidak melakukan pembelian secara impulsif. Untuk menghindari pembelian secara impulsif, anda bisa menghindar dari tempat perbelanjaan dan memikirkan 2 kali apakah barang yang diinginkan adalah barang yang dibutuhkan. Jika barang tersebut tidak mendesak, anda tidak perlu membelinya saat itu juga. Anda bisa mengalokasikan uang yang mungkin anda pakai untuk menabung dana darurat atau untuk membiayai investasi yang bisa anda lakukan.
  2. Hidup Hemat. Sejak kecil pasti kita dinasihati oleh orang tua untuk selalu hidup hemat dan nasihat itu harus tetap dilakukan meskipun anda sudah memiliki penghasilan sendiri. Ketika seseorang memiliki penghasilan sendiri, mereka memiliki kecenderungan untuk melakukan pengeluaran yang lebih besar. Padahal ada baiknya gaya hidup yang anda miliki diusahakan tidak berubah walaupun gaji yang anda miliki bertambah. Hal tersebut dilakukan agar anda bisa hidup lebih hemat dan bisa mengalokasikan pemasukan anda untuk hal lain yang lebih penting.
  3. Mengatur Sistem Belanja. Ketika akan berbelanja bulanan atau mingguan, ada baiknya anda mencatat barang yang akan dibeli. Walaupun terlihat merepotkan, hal ini sangat penting untuk pengaturan kehidupan keuangan anda. Hal tersebut dilakukan agar anda tetap fokus ketika berbelanja. Anda juga bisa menetapkan anggaran dana yang dilakukan khusus untuk belanja bulanan atau mingguan agar anda bisa lebih cermat ketika berbelanja. Selain itu tulislah pengeluaran yang terjadi agar anda bisa tahu seberapa banyak uang yang anda keluarkan dalam sekali berbelanja.
Baca Juga  Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!
Tips Berinvestasi Saat Pandemi Corona

Tips Berinvestasi Saat Pandemi Corona

Ekspansi McDonald's dari Amerika Serikat ke Indonesia

Ekspansi McDonald’s dari Amerika Serikat ke Indonesia