in

5 Aspek Penting Dalam Manajemen Keuangan

5 Aspek Penting Dalam Manajemen Keuangan
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Manajemen keuangan adalah hal yang penting di dalam kehidupan seseorang. Jika seseorang memiliki manajemen keuangan yang baik, maka kehidupan finansial seseorang juga akan membaik. Akan tetapi masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mengatur manajemen keuangan dengan baik. Pada dasarnya, manajemen keuangan memiliki cakupan yang cukup luas. Oleh karena itu, ada baiknya anda mempelajari dulu aspek-aspek yang ada di dalam manajemen keuangan. Berikut adalah 5 aspek penting dalam manajemen keuangan yang dilansir dari koinworks.com.

5 Aspek Penting Dalam Manajemen Keuangan

  1. Rencana Anggaran. Banyak orang yang sering melewatkan tentang mengurus rencana anggaran. Padahal jika seseorang membuat rencana anggaran secara rutin, kehidupan finansial seseorang juga akan menjadi makin baik. Ada baiknya anda membuat rencana anggaran dalam jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini dilakukan agar anda teriasa dalam membuat anggaran secara rutin.
  2. Dokumentasi Pengeluaran. Mencatat pengeluaran yang terjadi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam manajemen keuangan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat apakah pengeluaran yang dilakukan sesuai dengan rencana atau tidak. Selain itu anda juga dapat mengetahui seperti apa pola dan kondisi keuangan yang anda miliki. Anda juga mampu melakukan perbaikan terhadap pola keuangan anda karena anda bisa tahu letak kesalahan anda dalam melakukan perencanaan.
  3. Laporan Keuangan. Pemasukan dan pengeluaran yang anda dapatkan ada baiknya dicatat dalam laporan keuangan. Di dalam laporan keuangan anda harus menulis kondisi keuangan anda, pemasukan, pengeluaran, dan perubahan posisi keuangan. Dari laporan keuangan ini, anda bisa melihat bagaimana kondisi keuangan anda.
  4. Aspek Internal. Dalam melakukan manajemen keuangan, anda harus bisa mengontrol diri anda sendiri. Anda harus bisa menerka, mencegah, dan memperbaiki aspek internal manajemen anda. Sebisa mungkin hiduplah dengan sehat agar pengeluaran mendesak seperti berobat dan pergi ke dokter bisa dihindarkan. Selain itu anda juga harus bisa menahan diri dari promo dan diskon yang ada agar keuangan anda bisa terjaga.
  5. Teknologi Keuangan. Teknologi keuangan sudah sangat maju dalam beberapa tahun belakangan. Anda bisa menggunakan teknologi untuk mencatat dan melakukan manajemen keuangan anda. Dengan menggunakan teknologi, manajemen keuangan anda akan bisa dilakukan dengan lebih efisien.
Baca Juga  Tips Mengelola Finansial: Kebutuhan dan Keinginan
BRI Agro

BRI Agro Buka Lowongan Kerja di 9 Wilayah, Berikut Persyaratannya

5 pemikiran tentang keuangan yang harus dimiliki

Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Investasi Gagal