in

6 Tanda Persiapan Pensiun Anda Benar

6 Tanda Persiapan Pensiun Anda Benar
Photo by Max Harlynking on Unsplash

Banyak orang yang menyiapkan dana pensiun mereka sejak dini agar bisa melakukan pensiun lebih awal. Namun untuk melakukan persiapan itu juga dibutuhkan persiapan yang cukup matang. Anda harus bisa menentukan apakah persiapan yang anda lakukan sudah benar ataukah belum. Berikut adalah 6 tanda persiapan pensiun anda benar seperti yang dilansir dari koinworks.com.

6 Tanda Persiapan Pensiun Anda Benar

  1. Kontribusi Dana yang Dilakukan Sudah Baik. Jika anda sudah bisa memberikan dana kepada dana pensiun secara optimal, hal ini menandakan bahwa persiapan pensiun anda sudah baik. Jika anda ingin menyiapkan investasi anda dengan baik, berikanlah dana pensiun anda secara terus menerus dan rutin.
  2. Laju Dana Stabil. Hal lain yang bisa anda lihat adalah laju dana dari investasi. Anda bisa mengecek pergerakan harga, pertumbuhan investasi, dan lain sebagainya. Jika keuntungan yang anda dapatkan dari investasi sudah stabil, itu menandakan bahwa persiapan pensiun anda sudah ada di jalan yang benar.
  3. Investasi Sudah Sesuai Harapan. Periksalah laju investasi yang anda dapatkan selama ini. Jika pertumbuhan pendapatan investasi tersebut sudah ada lebih tinggi daripada rata-rata, investasi yang anda lakukan sudah benar. Oleh karena itu sebisa mungkin periksalah investasi anda agar segera tahu jika ada sesuatu yang salah dengan investasi anda.
  4. Investasi Fokus Kepada Pertumbuhan. Investasi jangka panjang adalah investasi yang baik dilakukan sejak muda. Jika anda sudah melakukan sejak muda, keuntungan dari investasi itu juga makin besar. Anda bisa berinvestasi saham untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun hal yang wajib anda lakukan sebelum berinvestasi saham adalah periksalah risk tolerance anda agar anda bisa lebih nyaman dalam berinvestasi.
  5. Portofolio Investasi Baik. Buatlah portofolio investasi anda se-balance mungkin ketika berinvestasi. Jangna sampai anda mengalokasikan seluruh dana anda di satu jenis investasi saja. Ada baiknya anda melakukan diversifikasi investasi. Atur dana anda di investasi yang memiliki risiko tinggi dan risiko rendah. Jika hal ini sudah dilakukan, maka persiapan pensiun anda sudah benar.
  6. Tidak Menggunakan Dana Pensiun. Jika anda masih menggunakan dana pensiun anda untuk pengeluaran lain, ini menandakan persiapan anda masih belum benar. Anda harus bisa menyimpan dana pensiun anda untuk digunakan di masa depan. Oleh karena itu anda harus bisa mengatur keuangan anda dengan baik.
Baca Juga  Pede (Ponsel Duit), Aplikasi yang Menjadi Solusi Finansial
update IHSG

Update Akhir Pekan: IHSG Turun, BRI dapat Pinjaman 1 Miliar USD

Menyiapkan Passive Income untuk Masa Pensiun

Menyiapkan Passive Income untuk Masa Pensiun