in

5 Tips Penggunaan Gaji yang Baik

5 Tips Penggunaan Gaji yang Baik
Photo by Alexander Mils on Unsplash

Hari gajian adalah hari yang ditunggu oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin melakukan refreshing dengan gaji yang dimiliki. Selain itu hari gajian adalah hari untuk melakukan pembayaran biaya hidup selama satau bulan. Oleh karena itu, gaji anda harus bisa anda kelola dengan baik. Berikut adalah 5 tips penggunaan gaji yang baik yang dilansir dari koinworks.com.

5 Tips Penggunaan Gaji yang Baik

  1. Aturlah Budget Pengeluaran Selama 1 Bulan. Usahakan untuk membuat budget pengeluaran selama 1 bulan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah melakukan penghematan terhadap pengeluaran anda. Selain itu buatlah list pengeluaran yang anda lakukan. Dengan adanya list tersebut, anda akan lebih mudah untuk mengecek pengeluaran anda dan melakukan perbaikan jika ada kesalahan dalam pengaturan keuangan anda.
  2. Sisihkan Gaji untuk Tabungan. Menabung adalah hal yang sering diajarkan sejak kecil, akan tetapi masih banyak orang yang kesulitan untuk menabung. Padahal jika anda punya tabungan berupa dana darurat, kehidupan anda bisa menjadi lebih tenang. Anda bisa menabung berapapun, tapi usahakan tabunglah 10 persen gaji anda untuk persiapan dana darurat.
  3. Buat Rekening Baru Khusus untuk Menabung. Salah satu cara untuk mempermudah menabung adalah membuat rekening baru yang khusus untuk menabung. Hal ini dilakukan untuk mempermudah memisahkan dana yang digunakan untuk menabung dan untuk pembayaran kehidupan sehari-hari.
  4. Jangan Lupa InvestasiJika anda bisa menyisihkan sebagian gaji anda untuk investasi, financial freedom bisa lebih mudah tercapai. Investasi juga dilakukan untuk menjaga nilai uang anda dari laju inflasi yang psti terjadi. Banyak sekali jenis instrumen saham yang bisa dicoba. Jika anda masih pertama kali berinvestasi, carilah investasi yang memiliki risiko rendah, seperti reksa dana, emas, dan lain sebagainya.
  5. Cari Sumber Penghasilan Baru. Anda bisa mencari sumber penghasilan baru untuk menambah gaji anda. Anda bisa mencari peluang bisinis secara online yang memiliki cuan tinggi. Anda bisa memanfaatkan uang yang anda sisihkan dari gaji untuk mendanai bisnis anda.
Baca Juga  Rincian Biaya Rumah Tangga Ala Perencana Keuangan
Wah, THR Lebaran Bisa Tertunda Sampai Akhir Tahun 2020

Wah, THR Lebaran Bisa Tertunda Sampai Akhir Tahun 2020

5 kiat untuk memperoleh financial freedom

5 Kiat untuk Memperoleh Financial Freedom