in

5 Kiat untuk Memperoleh Financial Freedom

5 kiat untuk memperoleh financial freedom
Photo by Nathan McBride on Unsplash

Financial freedom adalah hal yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Financial freedom adalah keadaan seseorang yang sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus bekerja secara aktif. Jika orang sudah mencapai financial freedom, orang tersebut akan bebas untuk melakukan hobi atau hal lain yang mereka inginkan. Akan tetapi masih banyak orang yang masih belum paham bagaimana cara memperoleh financial freedom. Berikut adalah 5 kiat untuk mendapatkan financial freedom yang dilansir dari koinworks.com.

5 Kiat untuk Memperoleh Financial Freedom

  1. Paham Akan Kondisi Finansial. Financial freedom tidak serta merta diukur dari umur atau banyaknya penghasilan anda. Financial diukur dari kemampuan keuangan anda untuk menutupi semua kebutuhan. Oleh karena itu anda harus bisa paham akan kondisi finansial anda. Anda bisa lakukan penghitungan tentang pendapatan dan pengeluaran yang terjadi untuk mempermudah mengetahui kondisi finansial anda. Jika anda sudah tahu kondisi finansial anda, menentukan target keuangan juga akan makin mudah.
  2. Siapkan Target Keuangan. Target keuangan harus dibuat agar mudah untuk melakukan penyusunan strategi keuangan. Susunlah strategi sebaik mungkin agar pengeluaran anda bisa dihemat dan anda bisa memperoleh dana tambahan untuk persiapan financial freedom.
  3. Jangan Terpaku pada 1 Sumber Pendapatan. Mempunyai sumber penghasilan lain adalah langkah krusial untuk memperoleh financial freedom. Jika anda sudah memiliki sumber penghasilan lain, hal itu dapat digunakan untuk menutup pengeluaran utama anda. Gaji yang anda dapatkan tiap bulan bisa anda gunakan untuk investasi atau kepentingan selain pengeluaran utama anda.
  4. Lakukan Investasi. Investasi adalah hal yang harus digunakan untuk memperoleh financial freedom. Hal ini dilakukan untuk melindungi nilai uang anda dari laju inflasi yang pasti terjadi. Oleh karena itu, usahakan alokasikan uang yang anda tabung untuk investasi. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan risk tolerance anda agar anda merasa lebih nyaman dalam berinvestasi.
  5. Lunasi Hutang. Usahakan untuk melunasi semua hutang atau cicilan yang ada untuk  memperoleh finansial freedom. Anda harus bisa menutup hutang anda melalui pendapatan aset. Jika anda masih memiliki hutang atau cicilan, financial freedom masih sulit untuk diperoleh.
Baca Juga  Awas! Ini Tanda Keuangan Keluarga Sedang Tidak Sehat
5 Tips Penggunaan Gaji yang Baik

5 Tips Penggunaan Gaji yang Baik

Pembantu Investasi Bernama Robo Advisor

Pembantu Investasi Bernama Robo Advisor