in

Kebiasaan Buruk yang Menghambat Financial Freedom

Kebiasaan Buruk yang Menghambat Financial Freedom
Photo by Nghia Le on Unsplash

Financial freedom adalah hal yang sering dimimpikan oleh banyak orang. Untuk memperoleh financial freedom, anda harus berusaha keras untuk meraihnya. Akan tetapi terkadang banyak orang yang masih melakukan kebiasaan buruk dalam segi keuangan yang menghambat tercapainya financial freedom. Berikut adalah kebiasaan buruk yang menghambat financial freedom seperti yang dilansir dari koinworks.

Kebiasaan Buruk yang Menghambat Financial Freedom

  1. Target Keuangan yang Masih Rancu. Kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan oleh banyak orang adalah memiliki target keuangan yang masih rancu. Buatlah target keuangan sekecil apapun, karena hal itu dapat membuat anda lebih fokus dalam mempersiapkan keuangan anda di masa depan. Sebagai contoh anda sudah mempersiapkan biaya pernikahan sebelum anda berusia 30 tahun atau sudah mempersiapkan uang muka rumah sebelum usia 30 tahun. Jika sanggup, buatlah rincian keuangan secara detil untuk mempermudah persiapan perencanaan keuangan.
  2. Melupakan Tabungan Darurat. Tabungan darurat adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena kita tidak tahu kapan kita membutuhkan data darurat tersebut. Jika seseorang tidak mempunyai dana darurat, uang yang seharusnya bisa dialokasikan untuk hal lain malah dipakai untuk hal yang mendadak terjadi. Cara termudah untuk menyaipkan dana darurat adalah dengan menyisihkan 10 persen dari gaji bulanan anda untuk dana darurat. Setidaknya siapkan dana darurat sebanyak 6 kali penghasilan sebulan.
  3. Berhutang Tanpa Berpikir Dua Kali. Semakin majunya teknologi, teknologi untuk berutang juga makin pesat. Sekarang anda bisa berutang melalui fintech, kartu kredit, bahkan sistem paylater yang ada di berbagai platform. Pada dasarnya berhutang bukanlah masalah, selama anda sudah memikirkannya matang-matang. Berhutanglah jika anda sanggup membayar sesuai nominal dan berkomitmen untuk melunasi hutang tersebut. Jika terpaksa, carilah hutang dengan nominal cicilan 30 persen dari gaji anda sebulan.
  4. Selalu Menunda Berinvestasi. Anggapan tentang investasi adalah hal yang hanya dilakukan oleh orang kaya saja masih melekat di pikiran banyak orang. Padahal investasi yang dimulai dengan dana cukup rendah sudah cukup banyak. Anda bisa berinvestasi dalam bentuk reksa dana, emas, atau Peer-to-Peer Lending. Dengan berinvestasi, anda akan melindungi nilai uang anda dari laju inflasi yang sudah pasti terjadi. Oleh karena itu, jika siap segeralah memualai investasi agar imbal balik yang diterima juga lebih besar.
Baca Juga  Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran
Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Lemah di Tengah Pandemi Covid-19

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Lemah di Tengah Pandemi Covid-19

5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika

5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika