in

Mempersiapkan Tabungan Untuk Anak

Mempersiapkan tabungan untuk anak
Photo by Michael Longmire on Unsplash

Menabung adalah kegiatan positif yang bisa dilakukan sejak dini. Cara mengajarkan menabung untuk anak adalah dengan cara memberikan mereka celengan yang bisa diisi kapanpun mereka mau. Anda juga bisa mengajarkan untuk menyisihkan sebagian uang anak anda untuk ditabung di celengan. Hal ini akan mengajarkan pengaturan kepada anak anda secara tidak langsung. Jika hal ini terus terjadi, maka uang anak anda bisa berlimpah dan bisa dipindahkan ke tabungan. Lalu bagaimana cara untuk mempersiapkan tabungan untuk anak? Berikut adalah caranya seperti yang dilansir dari cermati.com.

Mempersiapkan Tabungan Untuk Anak

Mengajarkan anak tentang uang adalah hal yang bisa diajarkan sejak dini agar anak menjadi lebih paham akan fungsi uang. Anda sebagai orang tua bisa mengajarkan anak anda dengan cara membukakan tabungan khusus untuk mereka.

Terkadang, beberapa sekolah sudah menyediakan sistem tabungan di sekolah masing-masing. Akan tetapi anda bisa membukakan rekening tabungan untuk anak anda sendiri agar mereka lebih paham akan penggunaan tabungan.

Banyak bank yang menyediakan sistem tabungan khusus untuk anak-anak. Tabungan ini akan diatas namakan oleh nama anak anda. Hal ini akan membuat mereka menjadi lebih bebas untuk menabung. Jenis tabungan anak ini adalah salah satu program yang digagaskan oleh pemerintah untuk membiasakan anak menabung sejak dini.

Baca Juga  7 Tips untuk Pelajar Agar Menghemat Uang Saku

Dengan memiliki tabungan anak ini, anda juga lebih mudah dalam mengatur keuangan anak anda. Anda bisa memisahkan langsung uang anak anda agar tidak tercampur dengan uang jajan mereka. Hal ini dilakukan karena usia anak yang masih muda dan belum terbiasa dalam melakukan perencanaan keuangan.

Rekening anak juga cukup berbeda daripada rekening biasa. Dalam rekening anak, biaya administrasi dinilai lebih murah. Uang anak juga tidak bisa ditarik di ATM karena tidak dilengkapi dengan kartu ATM. Jika uang itu ingin ditarik, anda dan anak anda harus pergi ke teller bank yang bersangkutan. Selain itu tabungan ini juga tidak bisa digunakan untuk berbelanja, sehingga uang anak anda lebih aman untuk disimpan.

 

perbedaan antara menabung dan investasi

Perbedaan Antara Menabung dan Investasi

menghitung zakat

6 Tips Menabung yang Profitable