in

6 Tips Menabung yang Profitable

menghitung zakat
Photo by stevepb on Pixabay

Menabung adalah hal yang sudah diajarkan sejak kecil. Akan tetapi, terkadang seseorang merasa kesulitan untuk memulai menabung. Banyak sekali alasan mengapa seseorang tersebut tidak segera menabung. Salah satu alasannya adalah menabung dinilai sulit, terutama untuk seseorang yang baru saja mulai bekerja. Sebisa mungkin anda harus menyisihkan uang gaji anda untuk ditabung agar keuangan di masa depan menjadi lebih terjamin. Berikut adalah 6 tips menabung yang profitable seperti yang dikutip dari liputan6.com.

6 Tips Menabung yang Profitable

  1. Persiapkan Anggaran Keuangan yang Baik. Membuat anggaran memang merepotkan, akan tetapi dengan membuat anggaran anda bisa tahu laju keuangan anda. Selain itu dengan memiliki anggaran, anda akan lebi mudah untuk membuat rencana keuangan. Ketika anda membuat anggaran, anda akan tahu jelas tentang jumlah uang yang bakal anda tabungkan, setelah anda sesuaikan dengan pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan.
  2. Tabungkan Uang Anda Begitu Gaji Turun. Biasakan untuk segera menabung ketika gaji anda turun. Hal ini dilakukan agar anda terindar dari banyak alasan untuk menunda menabung. Jangan melakukan pengeluaran apapun sebelum anda menyisihkan gaji anda untuk ditabung. Anda bisa memulai menabung sebanyak 10 persen dari gaji anda. Jika gaji anda sudah meningkat, anda bisa meningkatkan rasio tabungan anda menjadi 15 persen atau 20 persen.
  3. Buat Rekening Khusus. Ada baiknya anda membuat tabungan khusus untuk uang yang anda tabung. Hal ini dilakukan agar anda bisa menyimpan uang anda lebih aman dan tidak tercampur dengan dana yang lain. Selain itu kartu ATM jangan dibawa keluar dan cukup disimpan dirumah saja agar tidak tergoda untuk dipakai.
  4. Belanja Dengan Cermat. Jangan pernah terburu-buru ketika berbelanja. Hal ini dilakukan untuk menghindari emotional spending. Anda bisa menulis barang-barang apa saja yang harus dibeli sebelum berbelanja. Selain itu anda juga bisa melakukan perbelanjaan secara online agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak.
  5. Gunakan Fasilitas Perusahaan. Gunakan fasilitas yang diberi oleh perusahaan secara maksimal. Hal ini dilakukan agar anda bisa lebih hemat dalam mengatur keuangan anda. Jika anda memanfaatkan fasilitas perusahaan, anda bisa menabung uang anda lebih banyak.
  6. Hidup Hemat. Hidup hemat adlah hal yang paing sederhana namun cukup sulit dilakukan. Anda harus berhemat untuk menekan pengeluaran anda. Dengan menekan pengeluaran, uang yang anda alokasikan untuk menabung juga makin besar.
Baca Juga  Fashion dan Gadget Dominasi Trend Belanja
Mempersiapkan tabungan untuk anak

Mempersiapkan Tabungan Untuk Anak

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 28 April 2020