in

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menabung

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menabung
Photo by Tim Gouw on Unsplash

Menabung sudah sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Alasan orang menabung juga bermacam-macam, mulai menyiapkan dana untuk investasi hingga mempersiapkan dana darurat. Banyak sekali tips menabung yang muncul di berbagai media, akan tetapi terkadang seseorang masih melakukan kesalahan ketika menabung. Berikut adalah 5 kesalahan yang harus dihindari saat menabung seperti yang dikutip dari liputan6.com.

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menabung

  1. Menabung dari Kembalian. Menyisihkan uang kembalian untuk menabung sering dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, menabung dengan cara seperti ini dinilai kurang efektif. Hal ini dikarenakan jumlah yang anda tabung kurang signifikan. Lebih baik anda menyisihkan sebagian uang anda di awal agar lebih efektif ketika menabung.
  2. Berbelanja Makanan Secara Bulanan. Tips ini sering sekali digunakan oleh banyak orang. Lebih lagi jika tips ini ditambahi dengan embel-embel memasak di rumah untuk menghindari makan di luar dan agar lebih hemat. Padahal tips ini tidak cocok untuk semua orang, lebih lagi jika tempat penyimpanan barangnya dinilai kurang sesuai. Oleh karena itu ada baiknya anda membeli makanan secukupnya saja dan jika habis bisa membeli lagi. Akan tetapi hal yang harus diingat adalah pembelian anda harus sesuai budget dan jangan sampai lapar mata.
  3. Berbelanja Saat Diskon. Berbelanja saat diskon adalah jebakan paling klasik dalam pengaturan keuangan. Hal ini dikarenakan orang akan lebih mudah mengeluarkan uang ketika melihat embel-embel diskon. Perbelanjaan anda akan menjadi tidak terfokus karena adanya diskon ini. Oleh karena itu anggaran berbelanja harus tetap dibuat agar terhindar dari pembelian secara impulsif saat ada diskon.
  4. Menghindari Pergi ke Dokter. Banyak orang yang beralasan untuk tidak ppergi ke dokter karena ingin menghemat uang. Pola berpikir seperti ini tidaklah baik. Dengan mengetahui penyakit yang anda derita, anda bisa menghindari biaya di masa depan karena tidak pergi ke dokter. Oleh karena itu anda harus selalu siap akan dana darurat karena penyakit selalu datang secara mendadak.
  5. Mengurangi Hobi. Banyak orang yang bilang dengan mengurangi hobi anda bisa menghemat uang anda. Padahal jika anda mengurangi hobi anda, bisa saja anda menjadi lebih mudah stress dan melimpahkan uang anda ke hal lain yang bisa saja lebih mahal. Oleh karena itu, tetap lakukan hobi anda, namun tetapkan budget bulanan untuk mendanai hobi tersebut.
Baca Juga  5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam ke Bank
harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 28 April 2020

Obligasi RI Jangka Panjang Banyak Dicari Investor

Obligasi RI Jangka Panjang Banyak Dicari Investor