in

6 Tips Cerdas Dalam Mengatur THR

6 tips cerdas dalam mengatur THR
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah hal yang dicari-cari oleh banyak karyawan. THR biasanya diberikan oleh perusahaan dengan nominal sejumlah gaji satu bulan dan diberikan saat bulan Ramadan atau menjelang Lebaran. Akan tetapi, jangan sampai THR anda hambur-hamburkan untuk hal yang kurang bermanfaat. Berikut adalah 6 tips cerdas dalam mengatur THR seperti yang dikutip dari koinworks.com.

6 Tips Cerdas Dalam Mengatur THR

  1. Jangan Lupakan Kewajiban. Hal penting yang dapat disisihkan dari THR adalah pengalokasian dana untuk zakat, indak, dan sedekah. Bagi umat muslim, ada kewajiban yang harus dilakukan sebelum dirayakannya Lebaran. Kewajiban tersebut adalah membayar zakat fitrah. Jika anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya juga untuk mensedekahkan sebagian THR yang anda dapatkan. Anda bisa menyisihkan sebagian uang anda untuk
  2. Beli Kebutuhan Lebaran. Di saat Lebaran, kebutuhan yang dibutuhkan pasti akan meningkat. Oleh karena itu anda harus membuat anggaran dengan cermat di saat bulan Ramadan dan di saat Lebaran. Anda bisa menggunakan THR yang anda dapatkan untuk menambah dana anggaran tersebut. Selain itu anda bisa mengalokasikan dana untuk membelikan baju atau pakaian baru kepada anggota keluarga.
  3. Persiapan Pulang Kampung. Di tengah pandemi Corona seperti ini, sepertinya sulit untuk pulang kampung. Akan tetapi, anda bisa pulang kampung di saat kondisi Indonesia sudah mulai membaik nanti. Anda bisa menyisihkan sekitar 15 persen dari THR anda untuk persiapan pulang kampung. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk pulang kampung tahun ini, anda bisa mengalokasikan THR anda untuk keperluan lainnya.
  4. Persiapan Idul Adha. Idul Adha dirayakan sekitar 70 hari setelah Idul Fitri. Jika anda memiliki niat untuk kurban, anda bisa menyisihkan sebagian THR anda untuk dana berkurban. Anda bisa mengalokasikan sekitar 10 persen dari THR anda untuk melakukan pembelian hewan kurban.
  5. Tambahan Dana Darurat. Dana darurat adalah hal yang harus dipersiapkan sejak dini. Dengan menyisihkan THR anda untuk dana darurat, anda bisa terhindar dari sifat konsumtif yang terjadi ketika Lebaran. Anda bisa mengalokasikan 10 persen atau lebih untuk dana darurat ini.
  6. Investasi atau Melunasi Hutang. Jika anda memiliki hutang, segeralah lunasi atau cicil menggunakan THR yang anda dapatkan. Jika sudah tidak ada hutang, anda bisa menggunakan sisa uang anda untuk dialokasikan ke dana investasi. Akan tetapi pilihlah investasi jangka panjang agar terhindar dari risiko yang bisa terjadi kapan saja.
Baca Juga  Tips Cerdas Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda
5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika

5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika

5 anggapan yang salah tentang hidup hemat

5 Anggapan yang Salah Tentang Hidup Hemat