in

Tips Meningkatkan Credit Score Anda

tips meningkatkan credit score anda
Photo by Anastasiia Ostapovych on Unsplash

Credit score adalah sistem penilaian yang digunakan untuk menentukan kelayakan seseorang dalam mengajukan pinjaman. Faktor yang mempengaruhi nilai credit score juga bervariasi, seperti data pinjaman, sikulus pembayaran kredit, dan lain sebagainya. Akan tetapi, bank dan perusahaan fintech lain memiliki cara untuk menilai credit score anda. Berikut adalah tips meningkatkan credit score anda yang dikutip dari koinworks.

Tips Meningkatkan Credit Score Anda

  1. Gunakan Kartu Kredit Anda. Hal yang jarang diperhatikan seseorang dalam meningkatkan credit scorenya adalah penggunaan kartu kredit. Hal ini dikarenakan jika anda tidak pernah memakai kartu kredit anda, maka data ada tidak akan direkam oleh bank tersebut. Jika anda memiliki gaji yang dikira cukup, cobalah untuk membuat dan menggunakan kartu kredit. Jika anda tidak mempunyai kartu kredit, maka hal itu bisa menjadi kesalahan yang fatal dalam membentuk credt score anda. Histori kredit yang anda lakukan akan memberikan pengaruh terhadap pinjaman dan cicilan yang akan anda lakukan.
  2. Jangan Sampai Menunggak Cicilan. Dalam poin sebelumnya anda disarankan untuk menggunakan kartu kredit anda sebaik mungkin. Akan tetapi hal lain yang harus anda ingat adalah pembayaran cicilan jangan sampai lupa anda lakukan. Jika anda menunggak cicilan, yang akan rugi adalah anda sendiri. Oleh karena itu, usahakan untuk membayar cicilan anda tepat waktu. Jika anda bisa membayar cicilan tepat waktu, credit score anda juga makin meningkat. Hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan pinjaman atau cicilan baru di masa depan.
  3. Jika Kredit Ditolak, Beri Jeda Sebelum Mengajukan Kembali. Ketika anda ditolak dalam mengajukan kredit, kebingungan adalah hal yang wajar terjadi. Salah satu solusi untuk meningkatkan credit score agar mempermudah peminjaman adalah memberikan jeda kepada bank atau fintech tersebut. Anda bisa gunakan waktu anda untuk melakukan pengecekan akan cicilan yang anda lakukan sebelumnya. Jangan buang waktu anda untuk mengajukan permohonan lagi dalam waktu dekat, karena kemungkinan untuk ditolak juga besar. Oleh karena itu, selalu cek credit score anda sebelum melakukan pinjaman. Jika anda memiliki credit score yang tinggi, maka pinjaman akan lebih mudah diberikan.
Baca Juga  Yuk Cek Harga Sembako Via Online
pengertian credit score yang anda harus tahu

Pengertian Credit Score yang Anda Harus Tahu

Menghemat Dana Mudik, Pakai 5 Aplikasi Silaturahmi Lebaran Online Ini

Menghemat Dana Mudik, Pakai 5 Aplikasi Silaturahmi Lebaran Online Ini