in

Trik Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Covid-19

Trik Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Covid-19
Ketupat lebaran (C) SHUTTERSTOCK

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang pengeluarannya meningkat saat lebaran tak sejalan dengan keharusan menghemat pengeluaran di masa pandemi covid-19 sekarang ini. Karenanya, Anda pasti membutuhkan trik lebaran hemat di tengah pandemi covid-19.

Memasuki bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idhul Fitri alias lebaran, diakui atau tidak, pengeluaran Anda pasti meningkat. Entah untuk persiapan membeli kue hidangan lebaran, baju baru, hingga THR (Tunjangan Hari Raya) untuk sanak saudara.

Sayangnya, di tengah pandemi covid-19 ini, Anda dipaksa untuk mengemat pengeluaran. Mungkin Anda yang punya penghasilan tetap bulanan tidak terlalu merasakan dampaknya. Bagi mereka yang pendapatannya harian, akan sangat terasa karena anjuran di rumah saja. Apalagi mereka yang tinggal di lingkungan yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Belum diketahui kapan pandemi ini akan berakhir. Karenanya, sebisa mungkin Anda harus berhemat. Sebab, pasti ke depannya ada saja kebutuhan dana tak terduga. Dengan menghemat sejumlah pos, keuangan rumah tangga Anda bisa selamat dari ancaman ‘resesi lokal’.

Baca Juga  Menghemat Dana Mudik, Pakai 5 Aplikasi Silaturahmi Lebaran Online Ini

3 Pos Keuangan yang Bisa Dipangkas Demi Lebaran Hemat

1. Biaya Mudik/Pulang Kampung

Pos keuangan pertama yang bisa dipangkas demi menghemat pengeluaran di tengah pandemi covid-19 adalah biaya untuk mudik/pulang kampung. Apalagi, pemerintah pun sudah mengeluarkan larangan tegas terkait mudik lebaran ini.

Pos untuk biaya mudik ini cukup besar bagi para perantau yang memang jarang pulang ke kampung halaman. Sebab, selain menyiapkan uang untuk transportasi pulang pergi, pasti ada pula uang untuk hidup sehari-hari selama di kampung halaman.

2. Beli Baju Baru

Membeli baju baru merupakan tradisi tak tertulis bagi masyarakat Indonesia. Namun, demi penghematan di tengah pandemi ini, tak ada salahnya ‘menentang’ tradisi sekali-kali. Lagi pula, sah-sah saja membeli baju di lain hari.

Lebaran kali ini dipastikan bakal tak seramai sebelum-sebelumnya. Jarang orang yang mudik, dan bisa jadi bakal banyak yang di rumah saja, mengingat imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai covid-19. Anda bakal tak ke mana-mana.

3. THR/Salam Tempel

Memberi THR atau salam tempel juga sebuah tradisi di masyarakat Indonesia ketika lebaran tiba. Namun, untuk tahun ini, pos anggaran untuk hal tersebut bisa sedikit dipangkas demi penghematan.

Baca Juga  7 Tips untuk Pelajar Agar Menghemat Uang Saku

Dengan memutuskan tidak mudik, maka selain bisa menyimpan uang/budget untuk mudak, Anda bakal meminimalisir bertemu keluarga secara langsung. Bersilaturahmi dengan mereka melalui video call atau telepon bisa mengurangi budget untuk memberi salam tempel.

5 pemikiran tentang keuangan yang harus dimiliki

5 Pemikiran Tentang Keuangan yang Harus Dimiliki

kenaikan nilai rupiah

Ada Larangan Mudik, Manfaatkan Budgetnya untuk Hal Lain