in

Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran, Berikut Caranya

Memulihkan Keuangan
Photo by Emil Kalibradov on Unsplash

Anda akan mengeluarkan pengeluaran yang cukup besar saat Lebaran. Hal tersebut akan membuat keuangan anda sedikit terganggu. Akan tetapi, hal tersebut bisa dipulihkan dengan beberapa strategi yang bisa anda lakukan setelah selesai Lebaran. Berikut adalah cara memulihkan keuangan setelah Lebaran seperti yang dikutip dari Koinworks.

Cara Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

  1. Melakukan Evaluasi Keuangan. Salah satu hal yang bisa dilakukan setelah Lebaran adalah melakukan evaluasi keuangan. Anda bisa melakukan ini dengan cara melakukan pencatatan terhadap seluruh pengeluaran yang terjadi selama Lebaran agar pengevaluasian lebih mudah dilakukan. Dengan melakukan evaluasi, anda bisa mengetahui seberapa banyak uang yang anda keluarkan selama Lebaran. Hal ini akan mempermudah anda untuk melunasi hutang jika anda menggunakan kartu kredit selama Lebaran.
  2. Mencari Bisnis Baru. Dengan mencari bisnis baru, anda bisa mendapatkan dana tambahan untuk membantu anda. Bisnis baru yang bisa anda lakukan antara lain adalah melakukan bisnis makanan atau mencari waralaba yang mungkin bisa anda investasikan. Anda juga bisa membuka lapak untuk menjual barang-barang yang tidak anda butuhkan lagi.
  3. Segera Melunasi Hutang. Salah satu cara yang paling krusial dalam memulihkan keuangan anda setelah Lebaran adalah dengan cara melunasi hutang yang ada. Hutang tersebut antara lain adalah hutang kartu kredit yang digunakan selama Lebaran. Anda bisa memanfaatkan 30 persen dari gaji anda untuk membayar hutang anda.
  4. Jangan Lupa Beristirahat. Setelah Lebaran, anda bisa beristirahat dari kehidupan yang konsumtif. Gunakan waktu anda sebaik-baiknya untuk membayar hutang yang ada atau untuk mencari cuan yang banyak dari bisnis sampingan anda. Sebisa mungkin hindari untuk menggunakan kartu kredit dan selalu gunakan uang cash agar mudah dalam melakukan perhitungan keuangan. Selain itu berusahalah untuk tidak meminjam uang kepada siapapun agar terbiasa hidup secara sederhana untuk sementara waktu.
  5. Menabung. Walaupun terdengar cukup sederhana, salah satu cara terbaik untuk memulihkan keuangan anda setelah lebaran adalah dengan cara menabung. Jika anda biasanya menabung sebanyak 10 persen dari gaji, anda bisa berusaha untuk menabung 20 persen dari gaji anda selama beberapa bulan setelah Lebaran.
Baca Juga  Utang Kartu Kredit Membelit Tanpa Ampun? Inilah Strategi untuk Keluar dari Belitannya!
Lowongan kerja PT PNM

PT. PNM Buka Lowongan Kerja untuk Tiga Posisi Sekaligus, Siap Daftar?

Tenang berinvestasi

Tenang Berinvestasi, Berikut Caranya