in

Membayar Zakat Digital, Memang Ada?

membayar zakat digital
Photo by Yura Fresh on Unsplash

Zakat biasanya dibayarkan kepada pengelola zakat atau sering juga disebut amil zakat. Namun sekarang ini membayar zakat sudah bisa dilakukan secara digital.

Di tengah pandemi seperti, memang disarankan untuk tidak keluar rumah. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Membayar Zakat Secara Digital

Dilansir dari CNNIndonesia, Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muhammad Arifin Purwakananta menyatakan bahwa umat Islam dianjurkan membayar zakat menggunakan metode digital.

Hal ini dikarenakan Baznas tidak akan membuka gerai untuk menyalurkan zakat di pusat perbelanjaan. Hal ini karena terbatasnya kegiatan yang diperbolehkan di tempat tersebut.

Sekarang ini, sudah cukup banyak media atau alat yang bisa membantu menyalurkan zakat secara digital.

Media tersebut antara lain adalah transfer bank. Sekarang ini, beberapa bank dalam aplikasi mobile banking memiliki fitur untuk membayar zakat.

Untuk mempermudah, Baznaz juga akan membuka gerai di beberapa aplikasi yang sering digunakan. Aplikasi tersebut antara lain adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Bayar Zakat Fitrah Online, Ini 7 Aplikasinya

Menurut Arifin, Baznaz sudah melakukan kerja sama dengan sekitar 40 lembaga untuk mempermudah pembayaran zakat.

Arifin juga menyatakan bahwa sudah banyak umat muslim yang membayar zakatnya secara digital. Hal ini dapat dilihat dari data yang diberikan Arifin.

Pada Lebaran tahun lalu, jumlah orang yang menggunakan layanan zakat digital mengalami peningkatan hingga 15 persen. Tahun ini jumlahnya mengalami peningkatan hingga 20 persen.

80 persen dari pengguna layanan zakat digital adalah pengguna mobile banking ataupun sms banking. Untuk 20 persen sisanya lebih memilih untuk menggunakan aplikasi yang bekerja sama dengan Baznaz.

Arifin juga berkata bahwa keinginan masyarakt untuk menunaikan kewajiban zakat juga mengalami peningkatan. Jumlah pengumpulan zakat sudah mengalami peningkatan hingga 50 persen.

Arifin menganjurkan untuk membayar zakat sebelum akhir Ramadan. Hal ini akan mempermudah untuk menyalurkan zakat di tengah pandemi Corona yang terjadi.

Baznaz juga memberikan layanan konsultasi akan zakat dengan menghubungi nomor yang tertera di website mereka. Hal ini akan membuat umat muslim menjadi lebih mudah untuk menunaikan zakat.

Baca Juga  Dompet Digital Milik BUMN, Berikut Beberapa Fakta LinkAja
menghitung zakat

Menghitung Zakat di Tengah Badai Corona

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 14 Mei 2020