in

Tips Pinjaman Online yang Anda Harus Tahu

Tips pinjaman online
Photo by Alexander Mils on Unsplash

Jumlah penyedia pinjaman online belakangan ini makin banyak. Oleh karena itu, anda harus tahu tips dalam mencari pinjaman online agar anda tidak tertipu.

Banyak yang beranggapan bahwa semua pinjaman online yang beredar di internet adalah resmi. Padahal, banyak sekali penyedia pinjaman online yang belum terdaftar di OJK.

Per Februari 2020, ada 161 penyedia layanan pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu anda harus lebih cermat untuk memilih penyedia jasa pinjaman online agar terhindar dari penipuan. Berikut adalah tips pinjaman online seperti yang dikutip dari ModalRakyat.

Tips Memilih Pinjaman Online

Pilih Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Salah satu cara paling mudah dalam memilih pinjaman online adalah memilih layanan yang sudah terdaftar di OJK.

Lakukan pengecekan di situs resmi OJK untuk mengetahui pinjaman online tersebut legal atau tidak. Hal tersebut dilakukan untuk terhindar dari penipuan yang dilakukan pinjaman online abal-abal.

Pehatikan Biaya

Banyak jasa pinjaman online yang siap mencairkan pinjaman pada saat itu juga. Sebaiknya anda mencoba melakukan pengecekan terhadap biaya dibalik pinjaman tersebut.

Baca Juga  Ketahuilah Kesehatan Keuangan Lewat Fitur Pede (Ponsel Duit)

Pilihlah layanan penyedia pinjaman online yang transparan dalam menjelaskan biaya tambahanmya. Selain itu semua hal yang ada dalam pinjaman tersebut haruslah transparan.

Anda harus memperhatikan perhitungan denda, pinalti, administrasi, dan lain sebagainya. Jangan sampai anda menyalahkan pinjaman online padahal semuanya sudah dijelaskan di awal.

Perhatikan Persyaratan Pinjaman

Perhatikan persyaratan pinjaman sebelum meminjam di layanan pinjaman online. Biasanya pinjaman online membutuhkan e-KTP, NPWP, bukti mutasi rekening dan lain sebagainya.

Jangan sampai anad tergoda untuk memilih pinjaman online dengan persyaratan yang mudah. Karena sering kali layanan tersebut dianggap tidak aman.

Selain itu anda juga harus bergati-hati terhadap kemungkinan data pribadi anda akan disalah gunakan oleh pemberi layanan pinjaman online abal-abal.

Perhatikan Suku Bunga.

Suku bunga dari suatu pinjaman online haruslah transparan. Hal ini harus diperhatikan agar kedua belah pihak tidak ada yang mengalami kerugian.

Oleh karena itu pilihlah layanan yang terdaftar di OJK. Hal ini dikarenakan prosedur yang diberikan sudah sesuai dengan ketentuan resmi.

Baca Juga  Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

Harus Punya Situs dan Kontak yang Resmi

Tips terakhir yang bisa anda coba adalah mencari situs dan kontak resmi pinjaman online tersebut. Jika tidak ada, pinjaman online tersebut bisa dipastikan abal-abal.

Sesekali cobalah hubungi contact person yang tersedia di situs tersebut. Jika dijawab secara professional maka pinjaman online tersebut kemungkinan adalah layanan resmi.

manfaat asuransi bisnis proyeksi imf

Manfaat Asuransi Bisnis yang Menarik

Mengenal Weighted Moving Average (WMA) Sebelum Main Saham

Batas Auto Rejection yang Harus Dipahami Investor