in

Memanfaatkan Penundaan Kredit, Begini Caranya

Memanfaatkan Penundaan Kredit
Gambar oleh ssopian88 dari Pixabay

Pemerintah Indonesia memberikan keringanan penundaan kredit bagi warga yang terkena dampak Corona. Agar optimal, berikut cara memanfaatkan penundaan kredit.

Penundaan kredit ini diberikan secara merata ke seluruh lapisan masyarakat. Penundaan ini juga berlaku untuk semua jenis kredit yang ada.

Jenis kredit yang mengalami penundaan antara lain adalah Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Modal atau Usaha, dan lain sebagainya.

Penundaan kredit ini bukanlah tanpa dasar. Aturan penundaan kredit sudah diatur dalam POJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical.

Dalam peraturan tersebut, nasabah bisa mengajukan permohonan baik secara online maupun offline. Sebelum diterima, pihak pemberi kredit akan memberikan penilaian apakah keringanan bisa diterima atau tidak.

Dengan adanya pelonggaran ini, banyak orang yang merasa lega. Terlebih untuk orang yang terkena dampak dari virus COVID-19 ini.

Akan tetapi, penundaan kredit ini hanya berlangsung sementara. Jangka waktu penundaan tergantung dari institusi keuangan itu sendiri.

Cara Memanfaatkan Penundaan Kredit

Dilansir dari CNNIndonesia, ada beberapa cara agar penundaan kredit ini bisa dilakukan secara optimal.

Baca Juga  Cara Mengelola Gaji Kerja Sampingan

Nasabah bisa mencoba untuk meminta penundaan pembayaran pokok utang. Dengan ini, nasabah akan diberikan keringanan dalam pembayaran bunga utang.

Dalam penundaan tersebut, pembayaran pokok utang akan ditunda hingga jangka waktu yang sudah ditentukan.

Di sisi lain, penundaan bayar bunga utang adalah keringanan di mana nasabah hanya membayar pokok utang yang berlaku.

Dengan ini, jumlah pokok utang seseorang akan terus mengalami penurunan sesuai dengan cicilan yang dibayarkan oleh nasabah tersebut.

Jenis keringanan ini akan diberikan oleh perusahaan keuangan jika jangka waktu kredit nasabah sudah hampir selesai.

Ada pula jenis penundaan pembayaran pokk dan bunga utang. Dalam keringanan tersebut, nasabah bisa menunda pembayaran cicilan semuanya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Jenis lain yang menarik adalah perpanjangan tenor. Dalam keringanan ini nasabah masih harus membayar bunga dan cicilan pokok.

dalam keringanan pembayaran tenor, nasabah mendapatkan kesempatan untuk menambah jangka waktu pembayaran.

Bank BNI buka lowongan kerja

Bank BNI Buka Lowongan untuk 3 Posisi, Berikut Persyaratannya

blt diterima masyarakat

BLT Diterima Masyarakat Sebelum Lebaran