in

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Wanita

13 ASN Akan Dapat Gaji ke-13, Siapa Saja?
Wanita memegang uang THR (C) SHUTTERSTOCK

Saat mendapatkan Tunjangan Hari Raya, tentu terserah penerimanya mau dihabiskan atau ditabung sebagian. Yang jelas, cara menghabiskan THR Lebaran bermacam-macam. Penasan bagaimana wanita menghabiskan THR-nya?

THR Keagamaan adalah kewajiban perusahaan berupa pendapatan non upah yang yang harus diberikan kepada para karyawan. Hal itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Permenaker tersebut merupakan aturan turunan dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sesuai aturan mainnya, THR wajib diberikan perusahaan selambat-lambatnya tujuh hari sebelum Hari Raya keagamaan masing-masing karyawan, dalam hal ini Hari Raya Idhul Fitri bagi umat Islam. Semua karyawan berhak menerima THR, apapun statusnya. Nilainya yang umum adalah satu kali nilai gaji ditambah dengan tunjangan pokok (tanpa tunjangan tambahan). Perusahaan yang tidak mau membayarkannya akan terancam sanksi dari Kementrian Ketenagakerjaan.

Jika ada perusahaan yang bermasalah finansialnya sehingga tak mampu memenuhi kewajiban membayarkan THR, maka diperbolehkan menunda atau mencicilnya. Namun, terlebih dulu harus ada kesepakatan antara pengusaha dan karyawan melalui sebuah dialog. Hasil dialog ini juga harus dilaporkan kepada Dinas Ketenagakerjaan setempat.

Baca Juga  10 Rekomendasi Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Keuangan Anda Stabil (Part 2)

Bagaimana Emak-emak/Ibu Rumah Tangga Menghabiskan THR?

Seorang emak-emak/ibu rumah tangga tentu punya cara yang berbeda dalam menghabiskan uang THR yang didapat dari perusahaannya. Umumnya, mereka menitikberatkan pada pengeluaran untuk persiapan merayakan lebaran.

Bisa jadi, emak-emak akan memprioritaskan uang THR itu untuk membeli baju baru, kue kering hidangan lebaran di rumah, atau mengisi amplop untuk salam tempel yang akan diberikan pada sanak saudara. Tentunya masih ada banyak kebutuhan lebaran lainnya yang harus dipenuhi.

Bagaimana Wanita Karier Menghabiskan THR?

Kalau wanita karier bagaimana ya dalam menghabiskan THR? Karena umumnya mereka terpelajar biasanya tak terlalu royal menghambur-hamburkan uang THR yang didapatnya.

Wanita karier akan menyisihkan sebagian uang THR-nya untuk ditabung. Bisa jadi, sebagian pula akan diinvestasikan di sejumlah pilihan instrumen investasi. Baru sisanya bakal dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan lebaran seperlunya.

Bagaimana Wanita Single Menghabiskan THR?

Lain lagi dengan wanita single yang punya cara lain dalam menghabiskan uang THR. Karena belum punya tanggungan ‘menghidupi’ suami atau anak, maka prioritasnya lebih kepada menyenangkan orang tuanya.

Baca Juga  Menjadi Freelancer? Jawab Dulu Beberapa Pertanyaan Berikut! (Part 2)

Mungkin salah satu caranya dengan membelikan setelan baju untuk ayah dan ibunya agar lebih pantas tampil di hari lebaran. Satu lagi, kalau ada sisa, uang itu akan dipakainya untuk foya-foya demi memuaskan kesenanga pribadinya.

Bagaimana Single Parent/Janda Menghabiskan THR?

Terakhir, wanita berstatus single parent/janda juga punya cara untuk menghabiskan THR yang diperolehnya. Anak akan menjadi prioritas dalam hidupnya ketimbang hal-hal lain.

Uang THR itu biasanya dipakainya untuk berbelanja aneka kebutuhan untuk si anak. Bisa dibelikan pakaian baru, sepatu baru, tas baru, atau apa pun yang diminta kesayangannya tersebut.

Industri Makanan Minuman Terjun Bebas

Efek Corona, Industri Makanan Minuman Terjun Bebas

3 Fitur Anyar Instagram, Manfaatnya untuk Pebisnis Online

3 Fitur Anyar Instagram, Manfaatnya untuk Pebisnis Online