in

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Pria

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Pria
Pria memegang uang THR (C) SHUTTERSTOCK

Ketika mendapatkan Tunjangan Hari Raya, tentu terserah penerimanya mau dihabiskan atau ditabung sebagian. Yang jelas, cara menghabiskan THR Lebaran bermacam-macam. Penasan bagaimana pria menghabiskan THR-nya? Yang jelas, beda dengan wanita.

THR Keagamaan merupakan kewajiban perusahaan berupa pendapatan non upah yang sekaligus menjadi hak karyawan. Kewajiban dan hak itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Permenaker ini adalah aturan turunan dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Berdasarkan aturannya, THR wajib diberikan perusahaan selambat-lambatnya tujuh hari sebelum Hari Raya keagamaan masing-masing karyawan. Seluruh karyawan, tanpa terkecuali, berhak menerima THR, apapun statusnya. Umumnya, nilainya sebesar satu kali nilai gaji ditambah dengan tunjangan pokok (tanpa tunjangan tambahan). Perusahaan yang tidak memberikan THR akan diancam sanksi administrasi dari Kementrian Ketenagakerjaan, bahkan pencabutan izin usaha.

Jika ada pengusaha yang menyatakan tak sanggup memenuhi kewajiban pembayaran THR, Kemenaker memperbolehkan si pengusaha menunda atau mencicilnya. Namun, sebelumnya harus ada dialog antara pengusaha dengan karyawan yang menghasilkan kesepakatan. Pengusaha juga wajib melaporkan hasil dialog ini kepada Dinas Ketenagakerjaan setempat.

Baca Juga  Mengenal Teknik Kakeibo, Seni Menyimpan Uang ala Jepang

Bagaimana Bapak-bapak Menghabiskan THR?

Seorang bapak-bapak pasti punya cara yang tak sama dalam menghabiskan uang THR miliknya. Biasanya, mereka memprioritaskan pada pengeluaran untuk mempersiapkan lebaran.

Bapak-bapak dipastikan bakal memberikan uang THR itu kepada istrinya untuk membeli baju baru, kue kering hidangan lebaran di rumah, atau mengisi amplop untuk salam tempel yang akan diberikan pada sanak saudara. Tentunya masih ada banyak kebutuhan lebaran lainnya yang harus dipenuhi.

Bagaimana Pria Jomblo Menghabiskan THR?

Bagaimana cara pria jomblo dalam menghabiskan uang THR? Karena belum punya bermacam-macam tanggungan menghidupi istri atau anak, maka pemikirannya lebih memprioritaskan untuk menyenangkan orang tuanya.

Bisa jadi salah satu caranya dengan membelikan pakaian untuk ayah dan ibunya agar tampil lebih baik di hari lebaran. Kalau masih ada sisa, uang itu akan dipakainya untuk berfoya-foya demi kesenangan pribadinya.

Bagaimana Single Parent/Duda Menghabiskan THR?

Pria berstatus single parent/duda juga punya cara sendiri menghabiskan THR yang diperolehnya. Anak akan menjadi prioritas utamanya ketimbang hal-hal lain.

Baca Juga  Dompet Digital Milik BUMN, Berikut Beberapa Fakta LinkAja

Uang THR akan dipakainya untuk berbelanja aneka kebutuhan untuk si anak. Bisa dibelikan pakaian baru, sepatu baru, tas baru, atau apa pun sesuai permintaan kesayangannya tersebut.

Bagaimana Pria Mapan Menghabiskan THR?

Terakhir, menarik melihat pria mapan menghabiskan uang THR-nya. Karena sudah mapan, umumnya pria ini akan berpikir mengalokasikan THR untuk masa depannya.

Pria mapan akan menyisihkan sebagian uang THR-nya untuk ditabung dalam bentuk deposito. Mungkin, sebagian pula akan diinvestasikan dengan beragam pilihan instrumen investasi. Barulah jika ada sisanya, maka bakal dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan lebaran, seperlunya.

harga minyak naik lagi dunia

Harga Minyak Naik Lagi, Apakah Bakal Turun?

Pentingnya Menyiapkan Dana Kesehatan saat Lebaran

Pentingnya Menyiapkan Dana Kesehatan saat Lebaran