in

Pentingnya Menyiapkan Dana Kesehatan saat Lebaran

Pentingnya Menyiapkan Dana Kesehatan saat Lebaran
Suster bermasker (C) SHUTTERSTOCK

Dana kesehatan merupakan salah satu pos dari dana darurat yang sewaktu-waktu dibutuhkan, karena sakit tidak bisa diprediksi kapan waktunya. Meski demikian, bisa memprediksi dana kesehatan saat lebaran akan sangat Anda butuhkan.

Dana darurat ini biasanya bersumber dari tabungan yang sengaja dikumpulkan dan tidak diambil untuk keperluan sehari-hari. Namanya dana darurat tentu hanya bisa diambil ketika dalam situasi dan kondisi darurat finansial.

Jelang Hari Raya Idhul Fitri alias lebaran, dana darurat itu jelas dibutuhkan. Akan banyak sekali keperluan untuk lebaran yang akan sangat terbantu dengan keberadaan dana darurat dari tabungan Anda.

Bukan cuma soal beli baju baru, kue kering untuk hidangan tamu, atau mengisi amplop salam tempel untuk sanak saudara, tetapi ada yang lebih penting. Ya, kesehatan adalah hal utama yang harus diback up.

Untuk Apa Dana Kesehatan saat Lebaran?

Sudah disebutkan, bahwa datangnya penyakit tidak bisa diprediksi. Namun, ketika datang lebaran, potensi ancaman untuk menderita sakit itu sangat terbuka lebar.

Baca Juga  5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menabung

Semua juga sudah tahu jika lebaran selalu identik dengan opor ayam, lontong sayur, dan aneka makanan berlemak lainnya. Belum lagi dengan hadirnya aneka kue kering yang mayoritas mengandung gula lantaran rasanya rasanya manis. Termasuk sirup-sirup dalam kemasan botol yang menggoda selera.

Apakah Anda sudah bisa membayangkan penyakit apa saja yang bakal datang menghampiri saat lebaran tiba? Kolesterol, hipertensi, diabetes, dan yang mungkin sepele tapi menjengkelkan, yakni sakit gigi, serta masih banyak lagi penyakit lainnya.

Dana Kesehatan Itu Berupa BPJS Kesehatan

Beruntung bagi Anda yang sudah menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dengan BPJS Kesehatan, maka dana darurat Anda khusus untuk masalah kesehatan sudah terjamin.

Iuran BPJS Kesehatan dibayarkan tiap satu bulan sekali. Tarifnya beragam, tergantung kelas yang diikuti. Dengan membayar rutin tiap satu bulan sekali, maka Anda tanpa sadar sudah menabung untuk dana darurat khusus di bidang kesehatan.

Anda bisa melakukan klaim dana itu sewaktu-waktu ketika menderita penyakit tertentu, sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Saat terkena penyakit yang umumnya datang di waktu lebaran, maka Anda tak perlu khawatir lagi mencari uang untuk berobat.

Baca Juga  Hal-hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Kredit Tanpa Agunan (Part 2)

Satu lagi hal penting yang harus Anda tanamkan saat menjadi peserta BPJS Kesehatan. Janganlah berpikir, “Saya tidak pernah sakit, tapi kenapa tetap harus bayar BPJS tiap bulan?”. Sebaiknya Anda berpikir iuran tiap bulan yang dibayarkan itulah yang nantinya meringankan biaya penyembuhan Anda saat sakit kelak.

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Pria

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Pria

Laba Sari Roti Dikabarkan Naik 20 Persen di Tengah Pandemi Covid-19

Laba Sari Roti Dikabarkan Naik 20 Persen di Tengah Pandemi Covid-19