in

Siapkan Dana Darurat untuk Lebaran

Siapkan Dana Darurat untuk Lebaran
Uang untuk dana darurat (C) SHUTTERSTOCK

Hari Raya Idhul Fitri alias lebaran kerap menjadi alasan untuk menguras isi dompet. Karenanya, Anda harus memiliki dana darurat untuk lebaran jika ingin keuangan keluarga tetap bisa selamat usai perayaan hari besar umat Islam tersebut.

Biasanya, banyak orang bersuka cita menyambut lebaran ini. Kehadiran lebaran biasanya ditandai dengan membengkaknya pengeluaran untuk kebutuhan lebaran. Entah itu untuk membeli pakaian baru, menyiapkan masakan dan kue kering hidangan untuk tamu, mengisi amplop salam tempel untuk para keponakan, dan lain-lain.

Peningkatan kebutuhan saat lebaran mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Jika biasanya uang pemasukan cukup dipakai untuk kebutuhan selama satu bulan, bahkan bisa menabung juga, saat lebaran tiba, tentu butuh pemasukan tambahan. Nah, di saat itulah dana darurat bsa difungsikan.

Alasan Harus Punya Dana Darurat untuk Lebaran

Namanya dana darurat, tentu akan sangat Anda butuhkan di saat-saat terdesak. Salah satunya tentu ketika kebutuhan untuk pengeluaran meningkat, seperti ketika lebaran tiba.

Dikeluarkannya dana darurat ini tidak bisa diprediksi alias tak terduga, kapan pun itu. Beruntungnya bagi orang yang sudah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. Peningkatan kebutuhan itu setidaknya bisa teratasi dengan adanya dana darurat ini. Karena pemakaiannya yang tak bisa ditebak, maka dana ini harus tersedia sepanjang masa.

Baca Juga  Syarat Ikut Mudik Gratis Ala Kemenhub, Simak Yuk Agar Tak Kehabisan Kursi

Sumber Dana Darurat

Sumber utama dana darurat biasanya dari uang tabungan. Lebih baik lagi jika tabungan itu disimpan di tempat yang aman dan sewaktu-waktu bisa dicairkan.

Selain tabungan, sumber dana darurat lainnya adalah pemasukan tak terduga di luar pemasukan utama tiap bulannya. Misalnya Tunjangan Hari Raya (THR), yang kerap jadi tumpuan utama para pekerja di hari lebaran.

Dana darurat juga bisa bersumber dari celengan uang receh. Ada banyak orang yang punya kebiasaan menyisihkan uang kembalian dari toko atau warung usai membeli sesuatu. Uang yang umumnya dikumpulkan dalam celengan ayam itu kadang jumlahnya tak diduga, dan bisa menjadi dana darurat kelak jika dibutuhkan.

5 tips dalam berinvestasi apartemen

5 Tips Dalam Berinvestasi Apartemen

Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran

Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran