in

Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran

Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran
Uang lebaran (C) SHUTTERSTOCK

Jika bisa berhemat selama Ramadhan, maka sebuah keuntungan yang lebih dari sekadar kepuasan pribadi akan Anda temukan. Anda bakal memanen untung saat Hari Raya Idhul Fitri alias lebaran tiba.

Disadari atau tidak, pengeluaran jelang lebaran bakal meningkat, bahkan sejak memasuki bulan suci Ramadhan. Sudah terbayang di angan keinginan untuk membeli pakaian baru, menyiapkan makanan dan kue kering untuk para tamu, mengisi amplop salam tempel untuk sanak saudara, dan biaya mudik. Jika semua itu ingin direalisasikan, tentu butuh niat dan ketulusan hati untuk mengencangkan ikat pinggang.

Jika Anda punya dana darurat mungkin tak masalah, setidaknya bisa dipakai untuk menambal kebutuhan uang untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Dana darurat itu bisa dari tabungan dari sisa gaji bulanan, uang Tunjangan Hari Raya (THR), atau bahkan celengan receh uang kembalian. Namun, jika tak punya, mau apa? Makanya, dana darurat ini bisa dibilang sangat penting keberadaannya demi tetap eksis saat lebaran.

Tenang, ada cara instant, di mana cuma dubutuhkan waktu 30 hari saja di bulan Ramadhan. Jika tidak berhasil menambah pos pemasukan, maka setidaknya menghemat uang pemasukan yang ada merupakan cara terbaik. Perlu diketahui, selama bulan puasa sebenarnya ada sejumlah pos pengeluaran yang berpotensi mendatangkan pundi-pundi rupiah yang bisa dimanfaatkan untuk lebaran.

Baca Juga  Daftar Tabungan Haji Bank-bank di Indonesia (Part 2)

Berhemat Selama Ramadhan dengan Memasak Sendiri

Apakah Anda terbiasa makan di luar? Sebaiknya kurangi, atau hilangkan saja kebiasaan tersebut demi penghematan. Mulailah hal baru dengan memasak sendiri hidangan untuk sahur dan berbuka puasa.

Memasak sendiri tentu lebih hemat ketimbang Anda membuang uang untuk makan di restoran, rumah makan atau warung. Terlebih jika Anda malas keluar, memanfaatkan layanan antar makanan dari ojek online pun merupakan sebuah pemborosan mengingat selain membayar ongkos makanan, ada ongkos kirim ojeknya.

Jika alasan Anda makan di luar karena tidak bisa memasak, maka berpikirlah untuk belajar memasak mulai sekarang. Tak perlu menyewa guru memasak atau menyewa koki untuk mengajari Anda, cukup keluarkan smartphone dan cari resep makanan favorit di mesin pencari.

Hindari Buber (Buka Bersama)

Aktivitas buber (buka bersama) kerap menjadi pengeluaran tak terduga di bulan Ramadhan. Dengan mengurangi atau bahkan meniadakan kegiatan pemborosan itu, maka sejumlah uang bisa Anda hemat.

Menolak ajakan buber merupakan salah satu jalan terang menuju lebaran yang menyenangkan, di mana dompet akan lebih tebal. Jika masih berpikir sungkan menolak dengan tegas ajakan untuk buber dari teman-teman komunitas, alumni sekolah, atau apapun itu, maka lakukan penolakan halus.

Baca Juga  Cara Cerdas Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Kalaupun memaksa tetap mengadakan buber, maka sebaiknya adakan di rumah masing-masing dengan sistem bergiliran. Mungkin hari ini di rumah si A, besok di rumah si B, lusa di rumah si Z. Bisa juga dibuat dengan sistem arisan, yang mendapatkannya berhak menjadi tuan rumah. Tentu saja sistem ini bisa memangkas pengeluaran ketimbang harus buber di restoran.

Siapkan Dana Darurat untuk Lebaran

Siapkan Dana Darurat untuk Lebaran

3 tabungan alternatif

3 Tabungan Alternatif yang Anda Harus Tahu