in

Menghemat Dana Mudik, Pakai 5 Aplikasi Silaturahmi Lebaran Online Ini

Menghemat Dana Mudik, Pakai 5 Aplikasi Silaturahmi Lebaran Online Ini
Whatsapp (C) SHUTTERSTOCK

Anda bisa menghemat dana mudik di momen Hari Raya Idhul Fitri 1441 H yang tahun ini jatuh di tengah pandemi covid-19 (virus corona). Caranya, Anda bisa mengandalkan 5 aplikasi silaturahmi lebaran online berikut ini.

Silaturahmi lebaran online menjadi salah satu solusi yang disarankan untuk merayakan Hari Raya Idhul Fitri 1441 H di tengah pandemi covid-19 (virus corona) ini. Didukung kecanggihan teknologi, silaturahmi secara online ini cuma bermodalkan smartphone dan kuota internet saja.

Pandemi covid-19 memang membuat perayaan lebaran kali ini agak berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Seiring terus meningkatnya pasien positif covid-19, dan selaras dengan imbauan di rumah saja, Pemerintah Pusat sudah melarang masyarakat untuk melakukan tradisi mudik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu usaha untuk memutus mata rantai covid-19.

Namun demikian, hal itu tidak menjadi alasan untuk memutus tali silaturahmi yang masih bisa dijalin melalui cara lain, termasuk video call. Apalagi, saat ini sudah ada sejumlah aplikasi video online yang bisa dimanfaatkan untuk menyambung tali silaturahmi, meski tak bertatap muka langsung.

Baca Juga  Panduan Mudah Investasi Reksadana untuk Pemula

Berikut 5 Aplikasi Silaturahmi Lebaran Online

1. WhatsApp

WhatsAppa merupakan salah satu aplikasi chatting populer di dunia. Aplikasi ini juga menawarkan fitur video call yang bisa Anda pakai bersilaturahmi tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Tercatat, ada delapan pengguna sekaligus yang bisa tertampung dengan fitur video call bersama Whatsapp. Aplikasi ini mudah digunakan, di mana Anda cukup melakukan panggilan pertama. Setelah panggilan pertama menerima, Anda dapat memilih tanda ‘+’ untuk menambah partisipan.

2. Line

Line juga merupakan aplikasi chatting yang cukup populer, utamanya di kalangan anak muda. Aplikasi ini juga menawarkan fitur video call yang bisa dipakai untuk bersilaturahmi online.

Tak butuh waktu lama untuk memahami bagaimana cara penggunaan Line untuk video call. Anda cukup masuk dalam ruang obrolan dan klik ikon telepon. Ada pilihan panggilan suara atau video. Video call ini dapat menampung lebih dari satu partisipan.

3. Skype

Skype kerap dipakai oleh mereka yang tinggal di luar Indonesia untuk berkomunikasi dengan keluarga di Tanah Air. Aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk video call.

Baca Juga  7 Istilah Keuangan yang Harus Anda Tahu

Aplikasi ini mampu menampung hingga 50 orang dan cara pemakaiannya pun mudah. Tinggal klik menu, lalu cari nama orang yang akan dihubungi. Setelahnya, Anda bisa menambahkan pastisipan dengan cara menekan tombol ‘+’ dan cari nomor siapa lagi yang akan dihubungi.

4. Hangouts

Google menyediakan aplikasi menarik bernama Hangouts, yang dilengkapi fitur video call. Aplikasi ini mengizinkan hingga 10 partisipan untuk video call, sedangkan untuk panggilan suara bisa mencapai 150 partisipan.

Anda harus terdaftar sebagai pemilik akun Gmail untuk menggunakan aplikasi ini. Lalu Anda bisa melakukan panggilan dengan cara menekan tombol ‘+’, pilih New Video Call, lalu cari nama yang akan dihubungi.

5. Zoom

Google juga punya aplikasi lain bernama Zoom, yang juga memungkinkan penggunanya melakukan video call. Zoom diklaim sebagai penyedia layanan video call dengan kualitas terbaik.

Anda tak perlu binggung dengan cara penggunaannya, karena cukup mudah. Tak jauh beda dengan aplikasi video call lainnya, Anda tinggal mencari nama yang akan dihubungi, lalu pilih menu video call untuk melakukan panggilan video.

Baca Juga  Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!
tips meningkatkan credit score anda

Tips Meningkatkan Credit Score Anda

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 25 Mei 2020