in

Ingin Mencari Pinjaman Uang, ke 5 Tempat Ini Saja

Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Wanita
Wanita memegang uang THR (C) SHUTTERSTOCK

Anda saat ini tengah kebingungan mencari pinjaman uang? Tenang, jangan panik. Semua masalah pasti ada solusinya. Anda bisa mendatangi lima tempat berikut ini.

Kondisi perekonomian masing-masing keluarga tentu tidak sama. Bak roda berputar, kadang kita ada di atas, kadang pula ada di bawah. Saat berada di bawah, jangankan memenuhi kebutuhan sehari-hari, kadang hari ini mau makan apa saja masih harus mengais sesuap nasi.

Tentu, dalam situasi dan kondisi seperti ini kita butuh bantuan dari pihak ketiga untuk mengatasi masalah keuangan. Ketimbang duduk manis ongkang-ongkang kaki menunggu bantuan itu datang menghampiri, sebaiknya kita menjemput bola. Keluar rumahlah dan temukan pihak-pihak yang mau membantu menjadi solusi masalah keuangan itu.

Lalu, ke Mana Saja Harus Mencari Pinjaman Uang?

1. Bank

Jika Anda bertanya di manakah sumber peminjaman uang yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat, bank lah jawabannya. Lembaga keuangan ini menjadi populer di mata kalangan yang membutuhkan uang lantaran dipandang sebagai “boss pemegang banyak uang”.

Baca Juga  Siapkah Indonesia Menuju Cashless Society?

Tentu saja, ada sejumlah persyaratan yang harus kita penuhi sebelum membawa pulang uang pinjaman yang diinginkan. Jika kita mengajukan pinjaman kepada bank, maka bisa dibilang sebagai langkah yang lebih aman dan terjamin.
Kalau ingin melakukan peminjaman uang kepada bank, wajib menyediakan barang berharga sebagai jaminan. Bahkan, saat ini sudah banyak bank yang menyediakan layanan peminjaman uang tanpa jaminan. atau kredit tanpa agunan.

Persyaratan peminjaman uang ini diklaim lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan. Namun, kredit tanpa jaminan ini menawarkan risiko yang lebih besar. Karenanya, biasanya kredit tanpa jaminan ini bunga pinjamannya lebih tinggi. Prosentasenya bahkan bisa mencapai 20 persen pertahunnya.

2. Lembaga Non Bank

Selain bank, kita juga bisa meminjam uang kepada lembaga non bank. Salah satu lembaga non bank otu adalah lembaga koperasi.

Untuk mengajukan pinjaman kepada koperasi, tentu kita harus menjadi anggota terlebih dahulu. Setelah menjadi anggota, maka kita bisa mendapatkan uang pinjaman sesuai dengan barang berharga yang dijaminkan.

Baca Juga  Yuk Berhemat dengan Hapus Aplikasi di Smartphone!

Ada pula lembaga LKM (Lembaga Keuangan Mikro) sebaai tempat alternatif meminjam uang tanpa jaminan. Melalui lembaga satu ini, kita bisa bernegosiasi mengenai jumlah uang yang bisa kita pinjam.

3. Pegadaian

Kita juga bisa meminjam uang kepada lembaga keuangan lainnya seperti pegadaian yang sudah punya kekuatan hukum. Pegadaian ini adalah perusahaan BUMN yang sudah tak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

Seperti mottonya, Mengatasi Masalah Tanpa Masalah, pegadaian hadir untuk memberikan pinjaman dengan risiko ringan dengan proses yang lebih cepat (sekitar 15 menit). Sebelum membawa pulang uang, kita hanya perlu membawa barang berharga yang bisa dijaminkan.

Jangka waktu peminjamannya maksimal empat bulan. Kita juga bisa memperpanjangnya dengan cara membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

4. Saudara atau Sahabat

Dari semua solusi peminjaman uang, meminjam dari saudara atau sahabat adalah cara paling instan dan cepat. Solusi ini bisa dipakai jika sedang membutuhkan uang dalam waktu yang mendadak.

Jika meminjam uang kepada saudara atau sahabat, kita tak perlu mengisi formulir dan memenuhi persyaratan macam-macam seperti ketika meminjam uang pada lembaga keuangan. Selain itu, kita tak perlu dipusingkan dengan jangka waktu pengembalian uang tersebut. Sebab, mereka akan memberikan jangka waktu yang terbilang fleksibel.

Baca Juga  4 Cara Terlepas dari Jeratan Hutang Online

5. Lembaga Perorangan

Yang dimaksud lembaga perorangan ini adalah para rentenir. Karenanya, kita sebaiknya menghindari meminjam uang kepada pihak satu ini kecuali dengan sangat terpaksa dan yakin bisa mengembalikannya.

Karena tak punya badan hukum yang jelas, lembaga perorangan ini terbilang sangat rawan dan penuh risiko bagi kita yang meminjam uang. Selain itu, bunga pinjaman yang diberikan jauh lebih besar ketimbang lembaga keuangan resmi.

 

Ikuti kami di Instagram dan Twitter,, gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Trader di Indonesia

harga minyak naik lagi dunia

Efek Corona, Harga Minyak Dunia Jatuh

Saham UNVR, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Boikot Unilever, Apakah Berefek Pada Saham?