in

Menghemat Uang Saat New Normal, Gimana Caranya?

menghemat uang saat new normal
Photo by Christian Dubovan on Unsplash

Dengan adanya pandemi Corona yang masih belum berakhir, banyak orang yang harus mulai berhemat. Lalu, bagaimana cara menghemat uang saat New Normal?

Saat pandemi Corona banyak kondisi finansial seseorang menjadi terganggu. Lebih lagi, saat New Normal banyak barang baru yang harus diperlukan untuk memenuhi protokol kesehatan pada saat New Normal.

Dilansir dari Detik Finance, Perencana Keuangan Aidil Akbar, pengeluaran masyarakat pada saat New Normal membengkak.

Banyak uang dari masyarakat yang dialokasikan untuk hal penting seperti membeli masker, multivitamin, hand sanitizer, dan lain sebagainya.

Tips Menghemat Uang Saat New Normal

Dengan adanya hal baru yang cukup krusial ini, masyarakat harus bisa mengatur keuangannya agar dompet bisa bernapas lega.

Aidil menyatakan bahwa pada masa PSBB transisi seperti ini, masyarakat sebaiknya jangan terlalu banyak bersenang-senang di luar dulu.

Hal ini mengantisipasi adanya kenaikan jumlah kasus virus Corona yang mungkin terjadi sehingga masyarakat harus tetap waspada.

Untuk masyarakat yang masih bekerja di rumah atau work from home (WFH), manfaatkan uang transportasi yang biasanya digunakan untuk ke kantor.

Baca Juga  IHSG Diramalkan Menghijau, Efek Skenario New Normal

Masyarakat bisa mengalokasikan dana tersebut untuk digunakan membeli berbagai keperluan kesehatan atau investasi.

Selain itu, Aidil juga menyarankan untuk membawa bekal di rumah dan mengurangi untuk membeli makan di luar.

Dengan membuat bekal sendiri, pengeluaran bisa ditekan dan kebersihan makanan tersebut juga terjamin.

Jika memang terpaksa, ketika makan di luar, bawalah sendok dan garpu sendiri agar tidak tercampur dengan punya orang lain.

Walaupun tidak disarankan, sudah banyak orang yang mulai hang out dengan teman mereka di tengah masa PSBB transisi.

Agar pengeluaran tidak membengkak, makan dulu di rumah sebelum hang out agar Anda tidak membeli makanan di cafe. Anda juga bisa menghemat dengan cara membeli minuman saja.

Hal ini dikarenakan pada saat hangout ke cafe, uang yang dikeluarkan untuk membeli makanan bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari jumlah biasanya.

Ikuti kami di Instagram dan Twitter, gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Trader di Indonesia

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Naik Pada Hari Ini, Untuk Kelas Berapa?

cara trading saham

Cara Trading Saham untuk Pemula yang Wajib Dicoba