in

Anda Ingin Buah Hati Gemar Menabung? Berikut Trik Jitunya.

 

Penting sekali bagi orang tua mengajarkan kepada anak tentang pentingnya menabung, ini sangat dianjurkan dilakukan sedini mungkin.

Jika sebagian masyarakat berfikir mengenalkan uang kepada anak sejak kecil merupakan hal yang tidak baik dan membuat mereka menjadi mata duitan, itu bukanlah hal yang benar. Karena sesungguhnya dari situlah anak akan belajar berhitung nominal, dan juga orang tua bisa sekaligus mengajak buah hati untuk menghargai uang.

Dilansir dari KOMPAS.com, menurut seorang psikolog yang juga pendiri Personal Growth, Ratih Ibrahim, mengajarkan menabung kepada anak sejak usia dini akan memberikan manfaat dalam proses pembentukan karakternya.

Sedangkan untuk mengajarkan pentingnya menabung kepada anak, orang tua perlu mengetahui cara yang benar bagaimana mengajarkan menabung kepada anak. Berikut 7 cara jitu yang berhasil dirangkum oleh pikirantrader.com

1. Kenalkan Uang kepada Anak sejak Usia Dini.
Pengenalan uang bisa dilakukan sejak anak berusia satu sampai tiga tahun. Anak dapat diajarkan dengan cara menyimpan uang di dalam celengan.

2. Beri Anak Pemahaman antara Kebutuhan, Keinginan dan Harapan.
Dengan pemahaman tentang kebutuhan, keinginan serta hafapa yang diberikan, anak dapat lebih bijak dalam memilah untuk apa uang tersebut digunakan

Baca Juga  Sadari dan Ikuti Perkembangan Financial Technology

3. Lakukan Secara Konsisten.
Dalam prosesnya, menabung itu yang penting adalah konsistensi, tidak hanya dalam waktu tertentu saja.

4. Kenalkan Tujuan Keuangan.
Ini adalah upaya yang sangat sederhana, orang tua bisa menanyakan berbagai barang yang diinginkan oleh anak dan mengajak mereka menyisihkan sebagian uang untuk mendapatkan barang tersebut.

5. Bawa Anak ke Bank untuk Membuka Rekening.
Ini bisa dilakukan saat usia anak telah cukup yaitu ketika mereka sudah memasuki usia sekolah pada usia 6 tahun. Dengan diajak ke bank anak akan memiliki minat untuk menabung dan membuka rekening sendiri disana.

6. Berikan Jatah Mingguan atau Bulanan.
Melalui cara ini anak akan terbiasa untuk mengatur keuangan mereka sendiri, bagaimana mereka bisa bertahan dalam waktu tertentu dengan jumlah uang yang telah ditentukan.

7. Tanamkan Kebiasaan Mencatat.
Pentingnya mencatat adalah agar anak dapat mengelola keuangan dengan rapi dan teratur, salah satunya yaitu membuat catatan rutin mengenai pemasukan yang didapat oleh anak dan pengeluaran dari uang tersebut.

Baca Juga  Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik yang Harus Anda Ketahui

 

Tinggalkan Balasan

Alexander Shulman CEO Dari Spotware Berbicara Mengenai Planing Perusahaannya

Pertamina Sesuaikan Harga BBM, Premium dapat Turun Lagi Jika…