in

7 Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

Penghasilan yang kita peroleh sejak usia muda bukan hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan saat ini saja. Namun kitajuga perlu memikirkan keuangan jangka panjang.

Seperti halnya Dana pensiun sangat diperlukan untuk mempersiapkan hari tua agar tidak mengalami kesulitan finansial.
Karena selama ini dana pensiun seringkali menjadi tujuan keuangan yang terlambat untuk dipersiapkan.

Naah sebelum nanti akhirnya menyesal karena belum mempersiapkan penggunaan dana pensiun, berikut langkah -langkah pemanfaatan dana pensiun yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Tabung dana pensiun sejak dini

Head of Sales and Distribution Ashmore Asset Management Indonesia Seteven Satya Yudha menilai masyarakat Indonesia memang harus segera sadar untuk menyiapkan dana pensiun. Dana itu, setidaknya perlu dicicil sejak 30 tahun sebelum masa pensiun.

2. Aturan 20-30-50.

Dalam mengatur keuangan, ikuti aturan 50-30-20. Gunakan 50 persen dari penghasilan untuk kebutuhan makanan, tempat tinggal, dan transportasi. Lalu 30 persen dikeluarkan untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan termasuk pembayaran jangka panjang dan dana pensiun.

Baca Juga  Tips Menabung Rutin ala Dollar Cost Averaging

3. Mengontrol Pengeluaran

Sebelum benar-benar berhenti kerja, Anda harus menyiapkan dini dengan gaya hidup baru pasca pensiun. Anda bisa belajar mengontrol pengeluaran dengan memangkas biaya entertainment seperti nonton dan makan di luar rumah. Kalau perlu, Anda bisa mengubah lingkaran pertemanan dengan cara mendekatkan diri pada teman yang tidak suka nongkrong di kafe dan belanja barang mahal.

4. Memperpanjang masa pensiun

Usia pensiun biasanya ada 2 pilihan.Yaitu 55 tahun dan 60 tahun. Apa|agi kalau seseorang memiliki posisi yang tinggi diperusahaan sebelumnya, maka biasanya atas dasar kebutuhan maka usia pensiun bisa diperpanjang sampai 60 tahun.

Namun, perpanjangan ini hanya membeli waktu 5 tahun, yang membuat kamu benar-benar harus memperhitungkan dengan baik dan berinvestasi yang tepat dalam mempersiapkan pensiun agar dapat menikmati waktu di rumah.

5. Restrukturisasi Asset

Dengan mengetahui asset yang Anda miliki, maka Anda akan menjadi lebih tahu apakah asset tersebut butuh dijual atau tidak, dipecah menjadi beberapa asset yang bisa ditempati dan bisa disewakan untuk menghasilkan.

Baca Juga  4 Investasi Properti Profitable yang Harus Dicoba

Biasanya setelah pensiun, Anda akan memilih untuk tinggal di tempat yang jauh dari keramaian kota, sehingga harga tempat tinggal dan biaya hidup bisa lebih terjangkau.

6. Restrukturisasi Utang Piutang

Kalau selama ini ada beberapa orang yang melakukan pinjaman pada kamu, ada baiknya sekarang pinjaman tersebut ditagih, karena kamu akan mulai membutuhkankan dananya.

Dan agar tidak menjadi beban berkepanjangan, maka sebaiknya utang-utang yang kamu milikijuga dilunasi. Baik dalam bentuk utang kartu kredit, ataupun utang dalam bentuk lain. Dengan demikian, kamu akan mengurangi beban kewajiban, sehingga kamu bisa hidup nyaman tanpa kekhawatiran.

7. Franchising

Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mengganti pendapatan yang hilang setelah pensiun adalah membuka cabang restoran dengan system franchising. Dengan franchising kamu cukup hanya memantau saja.

Tapi memiliki cabang sebuah restoran bukan berarti tidak ada risikonya tersendiri. Kenali risikonya atau pelajari terlebih dahulu, karena Kamu membutuhkan penggantian pendapatan setelah pensiun.

Tinggalkan Balasan

Tips agar Profit Trading Saham Cepat Melesat (Part 2)

Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil