in

Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil

Mengawali bisnis bukanlah hal yang sulit. Semua itu tergantung pada kemauan kita melakoni usaha yang ingin kita rintis. Kadang status ‘masih mahasiswa’ menjadi alasan klasik untuk menunda membuka jalan bisnis.

Padahal kalau didalami lagi, justru mahasiswa harusnya bisa kritis dan berani mencoba hal baru. Namun apa sih kira – kira bisnis dan usaha yang recommended untuk mahasiswa itu?

Naah, disini akan kami jelaskan mengenai ide – ide bisnis yang cocok dilakukan oleh kalian yang masih berstatus mahasiswa. Modalnya tidak harus Rupiah banyak kok,,

1. Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Berjualan pulsa Elektrik dan paket internet adalah salah satu contoh bisnis mahasiswa tanpa modal besar. Selain modalnya kecil, bisnis pulsa dan paket internet cukup menjanjikan karena permintaan akan pulsa saat ini sangat tinggi.

Untuk menjalankan bisnis berjualan pulsa, tentunya Anda harus punya target market yang tepat. Teman-teman di kampus adalah target market yang sudah ada di depan mata, tinggal bagaimana cara Anda memasarkan kepada mereka.

Baca Juga  Cara Mengajarkan Berbisnis kepada Buah Hati

Keuntungan dari satu penjualan pulsa ini memang terlihat kecil. Biasanya dari satu penjualan paket pulsa kita bisa mengambil untung antara Rp1000 – Rp2000 saja. Namun, jika konsisten dan punya banyak konsumen yang setia maka keuntungan tersebut akan berlipat ganda

2. Usaha Dropship atau Reseller Online

Bagi Anda yang belum tahu, bisnis dropship adalah salah satu model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu modal untuk beli barang dulu tapi lebih fokus pada proses pemasaran.

Beberapa orang bilang bisnis dropship adalah peluang usaha tanpa modal, tapi dropship lebih pas disebut bisnis modal kecil. Produk yang bisa dijual dengan cara dropship ada banyak sekali jenisnya, mulai dari pakaian, herbal, elektronik, makanan, dan lain sebagainya.

Sedangkan reseller adalah model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tapi harus membelinya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah. Jadi, selain butuh modal untuk beli barang, Anda juga harus siapkan tempat untuk menyimpannya.

Baca Juga  Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Mebel (Part 2)

3. Usaha Kuliner

Bisnis rumahan untuk mahasiswa yang menguntungkan adalah menjalankan usaha kuliner. Tidak sedikit mahasiswa yang telah merasakan gurihnya berbisnis kuliner karena bisnis makanan memang tidak ada matinya.

Kalau Anda jeli, ada banyak sekali jenis bisnis makanan yang menguntungkan, baik itu makanan ringan ataupun makanan utama. Namun Anda harus memilih salah satu jenis kuliner yang paling sesuai dengan target market yang Anda bidik.

4. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Mahasiswa pasti membutuhkan buku-buku akademik untuk menunjang kegiatan perkuliahannya. Ini merupakan peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan dengan menjual buku bekas dengan harga yang lebih murah tanpa mengorbankan fungsinya.

Saat biaya pendidikan semakin mahal, buku bekas menjadi alternatif untuk mengurangi beban keuangan mahasiswa. Buku bekas yang masih layak digunakan dapat dibeli dengan harga murah dari pengumpul buku, dari teman dan juga teman lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian jual kembali buku bekas tersebut kepada teman/orang lain yang membutuhkan.

5. Bisnis Jual Kaos

Baca Juga  7 Tips untuk Pelajar Agar Menghemat Uang Saku

Ide bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah bisnis jual kaos. Untuk memulai bisnis ini, mahasiswa harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon.

Kemudian membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual sehingga perlu  menggunakan kreativitas. Semakin keren desain maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli. Buatlah desain yang unik dengan kata-kata atau gambar lucu

Tinggalkan Balasan

7 Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

Tentang Bisnis Game Online