in ,

7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Mahasiswa

mengatur keuangan untuk mahasiswa perguruan tinggi

Keahlian untuk mengatur keuangan adalah perkara yang wajib dimiliki oleh setiap orang, tak terkecuali mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa adalah perantau, yang wajib bisa mengatur keuangan bulanannya. Agar tidak habis sebelum kiriman bulan depan datang.

Berikut kami sajikan 7 cara mengatur keuangan bulanan untuk mahasiswa.

1. Tentukan sumber pemasukan dan jenis pengeluaran

Catat sumber dana yang anda dapatkan. Sebagian besar mahasiswa pendapatan terbesar adalah jatah dari orang tuanya, selain itu mungkin mendapatkan dana lain dari beasiswa.

Catat pemasukan – pemasukan dana tersebut. Semakin banyak jenis pemasukan tentu semakin stabil pula keuangan seseorang.

Namun jika keuanganmu stabil, berhati-hatilah! Jangan hamburkan uang tersebut untuk perkara yang tidak bermanfaat. Tentukan dan catat kebutuhanmu selama 1 bulan dan jangan pernah abaikan catatan tertulis tersebut.

2. Disiplin mentaati anggaran bulanan.

Jangan pernah menghianati diri sendiri dengan merusak anggaran bulanan yang telah dibuat.

Rencana anggaran keuangan tersebut sekuat mungkin harus ditaati dan dilaksanakan dalam kegiatan keseharian seorang mahasiswa.

Jika kondisi normal, dengan menjalankan rencana anggaran keuangan yang telah disusun akan menjadikan seorang mahasiswa terhindar dari krisis keuangan.

Baca Juga  Menghemat Kuota Internet Saat Silaturahmi Lebaran Online

3. Catat pengeluaran

Cara ini berfungsi untuk mengetahui ke arah mana dana yang dimiliki mengalir. Untuk mencatatnya, anda bisa menggunakan aplikasi pencatatan pengeluaran yang ada di smartphone anda

4. Siapkan dana cadangan

Dana cadangan diperlukan bila terjadi apa-apa sehingga menyebabkan pemasukan uang menjadi terhenti. Dana cadangan bertujuan untuk memenuhi segala macam kebutuhan yang memerlukan uang secara rutin selama jangka waktu tertentu misalnya selama dua atau tiga bulan ke depan.

5. Rajin menabung

Berbeda dengan dana cadangan, dana tabungan bisa bertujuan untuk berbagai macam hal tertentu dan bisa jadi seseorang memiliki berbagai macam tabungan dengan tujuan yang berbeda-beda,misal untuk membeli smartphone baru atau buku kuliah mahal.

6. Cari sumber dana lain

Untuk memperbesar pemasukan, seorang mahasiswa bisa mulai sedikit melirik untuk melakukan pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu proses kegiatan belajarnya di perguruan tinggi.

Berkaitan dengan macam-macam pekerjaan sampingan untuk mahasiswa, PikiranTrader.com sudah membahasnya secara panjang lebar pada artikel yang berjudul 5 Ide Pekerjaan Sampingan Cocok buat Mahasiswa

Baca Juga  Memanfaatkan Penundaan Kredit, Begini Caranya

7. Memulai berbisnis

Tidak  ada salahnya bagi seorang mahasiswa berani memulai bisnis kecil – kecilan. Seperti bisnis jualan buku, kaos, dan lain sebagainya.

untuk ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa, PikiranTrader.com sudah membahasnya secara gamblang pada artikel yang berjudul Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil

Tinggalkan Balasan

5 Ide Pekerjaan Sampingan Cocok buat Mahasiswa

7 Kerugian Investasi Reksadana yang Bisa Terjadi