in ,

4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat

(Foto: Pexels)

Istilah dana darurat kini banyak bermunculan di sosial media. Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan, ada baiknya untuk menyiapkan dana darurat. Hal itu ditujukan sebagai langkah antisipasi dari hal-hal yang terjadi di luar perhitungan atau rencana.

Memang, memulai untuk mengumpulkan dana darurat itu tidaklah mudah. Untuk itu Pikiran Trader merangkum 5 tips yang bisa Anda ikuti untuk mempersiapkan dana darurat. Berikut beberapa tips yang patut Anda ketahui!

1. Ketahui tiap detail pemasukan dan pengeluaran setiap bulan

Hal ini menjadi langkah pertama yang harus Anda lakukan. Sebelum mempersiapkan dana darurat, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami setiap detail dari pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulan.

Sebisa mungkin catat pengeluaran apapun yang Anda lakukan, dari makan, membeli kopi, hingga bayar parkir. Anda juga bisa mengandalkan aplikasi pengatur keuangan untuk mengetahui seluk beluk dari keuangan Anda.

Pemahaman atas keuangan sendiri ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui jumlah dana yang bisa disisihkan sebagai dana darurat. Tak perlu langsung dengan jumlah yang besar.

Baca Juga  4 Tanda Bahwa Anda Belum Siap Memiliki Rumah Baru

Perhitungkan juga dengan baik, jangan sampai penyisihan dana untuk dana darurat ini malah mempersulit kehidupanmu. Siapkan dana sesuai kemampuan.

2. Sisihkan dana dalam rekening baru

Setelah mengetahui jumlah dana yang bisa Anda siapkan untuk dana darurat. Mulailah dengan membuat rekening baru. Pisahkan dari rekening gaji atau yang biasa Anda pakai sehari-hari. Tujuannya adalah agar dan yang bisa dipakai dan dana darurat tidak tercampur.

Pertimbangkan juga pemilihan bank. Sebaiknya pilihlah bank yang memang tak membutuhkan saldo awal yang besar saat membuka rekening. Atau Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuka rekening pada bank yang sama dengan rekening yang sudah ada, untuk menghindari pemotongan biaya transfer.

3. Kurangi pengeluaran

Ada kalanya ketika sehabis gajian, Anda pun mengeluarkan dana untuk kebutuhan impulsif, yang sebetulnya jika dilihat lagi tidak terlalu Anda butuhkan. Sebaiknya mulailah untuk mengurangi jenis-jenis pengeluaran ini.

Untuk mengakalinya, Anda bisa mencari alternatif produk atau jasa lain yang memang memiliki harga yang lebih murah. Lalu, sebisa mungkin untuk melakukan pengeluaran tersebut jika memang benar-benar butuh saja.

Baca Juga  Tak Ingin Dompet Jebol, Hindari Kesalahan Keuangan Ini (Part 1)

Baca juga: 7 CARA MENGATUR KEUANGAN BULANAN MAHASISWA

4. Mulailah secepatnya

Jika sudah berada di umur yang dewasa, ada baiknya untuk memulai mempersiapkan dana darurat secepatnya. Malah lebih baik jika dimulai lebih cepat tanpa menundanya.

Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan, sisihkan langsung sebagian gaji untuk dana darurat. Anda tidak akan bisa memprediksi keuangan di masa-masa mendatang. Roda kehidupan terus berputar, meskipun sekarang keuangan terasa aman dan sehat, bisa saja keadaan berbalik di kemudian hari.

Untuk itulah Anda akan membutuhkan dana darurat. Langkah ini dilakukan sebagai persiapan diri untuk hal yang terburuk. Jadi lakukanlah sebelum terlambat!

Tinggalkan Balasan

AvaTrade Broker Dari Irlandia

Fashion dan Gadget Dominasi Trend Belanja