in

3 Langkah Memeriksa Kesehatan Dompet

Memeriksa Kesehatan Dompet

Seperti halnya tubuh, memeriksakan kesehatan dompet perlu untuk dilakukan. Seringkali kita mendengar atau bahkan mengalami kondisi seperti uang selalu tidak cukup atau “besar pasak daripada tiang”.

Uang selalu habis untuk membayar utang, sudah kerja bertahun-tahun tapi tidak punya tabungan, “gali lobang tutup lobang” untuk utang-utang kita dan sering berutang karena kebutuhan mendadak.

Anda pernah mengalami hal tersebut?

Artinya ada kemungkinan besar keuangan Anda saat ini tergolong kurang sehat atau bahkan sudah gawat darurat. Setiap penyakit tersedia obat penawarnya. Kondisi kesehatan dompet Anda kurang baik, solusinya pun sebenarnya ada.

Namun sayangnya, hal ini belum sepenuhnya disadari sebagai suatu permasalahan keuangan yang seharusnya dicari solusinya layaknya solusi permasalahan kesehatan tubuh.

Dalam dunia keuangan, pemeriksaan kesehatan keuangan atau periksa dompet dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi keuangan Anda sehat atau sakit.

Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan antara lain untuk menunjukkan apakah ada masalah keuangan yang dihadapi tanpa sadar, memastikan bahwa kondisi keuangan tetap aman dan memastikan apakah harta yang dimiliki saat ini sudah tepat atau belum.

Baca Juga  Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

Berikut ini adalah langkah untuk mengukur atau mengetahui dan memastikan apakah kondisi keuangan Anda tergolong sehat atau tidak sehat.

1. Hitung berapa banyak uang tunai yang kita punya

Apakah Anda mempunyai dana cadangan atau dana darurat dalam bentuk kas tunai dan tabungan? Jika saldonya mencapai 4 kali pengeluaran rutin setiap bulan atau bahkan lebih, artinya dompet Anda sehat.

Namun jika jumlah tabungan kurang dari 4 kali pengeluaran rutin, sayang sekali dompet Anda tidak sehat.

2. Hitung berapa banyak cicilan utang setiap bulan

Jika Anda memiliki cicilan utang setiap bulan, seperti cicilan rumah, kendaraan, kartu kredit dan pinjaman lainnya, Anda harus memiliki komitmen untuk membayar cicilan pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Dompet Anda dikatakan sehat apabila cicilan utang Anda tidak lebih dari 35 % dari penghasilan bulanan. Namun jika cicilan itu lebih dari 35 % penghasilan bulanan atau bahkan diatas setengah dari jumlah penghasilan artinya dompet Anda tidak sehat.

3. Hitung seberapa besar alokasi tabungan Anda

Setiap bulan ketika Anda memperoleh uang atau pendapatan, sisihkan sebagian dari penghasilan tersebut untuk ditabung. Setidaknya Anda harus menyisihkan 10 % dari penghasilan bulanan Anda untuk ditabung agar dompet Anda sehat.

Baca Juga  4 Keuntungan Menabung di Digital Banking

Karena apabila kurang dari 10 % atas penghasilan bulanan atau bahkan tidak punya sisa setiap akhir bulan ini akan membahayakan kesehatan dompet Anda.

Mari memeriksa kesehatan dompet Anda untuk keuangan yang lebih baik.

Baca juga  4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat

Tinggalkan Balasan

5 Cara Menghasilkan Rupiah Tanpa Keluar Rumah

5 Trik Menambah Pengikut Instagram Secara Organik