in

Kenalan dengan Utang Produktif yuk,!

Secara sederhana, hutang berarti meminjam sejumlah uang atau barang dengan janji dikembalikan pada waktu tertentu. Dalam dunia modern ini sebagian orang berutang dana ke bank maupun lembaga lain dengan mencicil proses pembayarannya.

Bagi beberapa orang, utang menjadi suatu kebutuhan untuk mencapai berbagai macam keperluan. Namun tahukah anda, meskipun  sering dinilai negatif, sebenarnya ada utang yang produktif.

Apa yang dimaksud hutang produktif? adalah ketika anda meminjam dana untuk membeli suatu barang.  Kemudian barang tersebut anda gunakan sebagai modal untuk melakukan suatu usaha atau bisnis yang ke depannya menciptakan penghasilan.

Intinya anda membelanjakan dana hasil pinjaman tersebut untuk mendapatkan hasil tambahan. Contoh nyata yaitu misalkan anda membelanjakan dana pinjaman untuk membeli mesin cuci kemudian anda membuka bisnis laundry. Dari usaha laundry yang anda buka, pundi – pindi Rupiah akan muncul setiap harinya.

Baca juga: 4 Cara Terlepas dari Jeratan Hutang Online

Hal yang sama adalah ketika seorang tukang ojek meminjam dana lalu membelanjakannya untuk membeli motor.  Dikatakan utang produktif karena dari motor yang dia beli, seorang tukang ojek mampu mengumpulkan penghasilan setiap hari.

Baca Juga  Langkah - Langkah Persiapan Pensiun, Khusus Perempuan

Namun sebaliknya, akan menjadi utang tidak produktif apabila barang yang dibeli dari hasil dana pinjaman tersebut tidak memunculkan penghasilan tambahan.

Lantas, bagaimana dengan utang untuk membeli rumah?

Membeli rumah dapat dikategorikan dalam utang produktif jika dalam beberapa waktu ke depan rumah tersebut memiliki nilai jual tinggi. Dengan kata lain, harga jual bisa menutup bahkan lebih besar dari jumlah uang pinjaman anda.

Begitu juga dengan berutang dan memanfaatkannya untuk membeli tanah. Seperti yang diketahui,  harga tanah semakin meningkat. Selain itu, tanah merupakan aset yang tidak membutuhkan biaya penyimpanan dan perawatan.

Kapan Utang produktif bermanfaat?

Seperti yang telah dijelaskan,  utang bisa dikatakan produktif ketika digunakan untuk membeli aset. Kemudian dari aset tersebut muncul pendapatan baru yang dapat digunakan untuk membayar cicilan dana yang telah dipinjam.

Itulah sekilas mengenai utang yang bermanfaat, apakah anda minat berutang? Tapi harus bisa mendapatkan untung yaa

Baca juga: 7 Pinjaman Online Terpercaya

 

Tinggalkan Balasan

Kepoin 4 Akun Resmi Line ini untuk Mendapatkan Promo Murah

Perusahaan Startup, Ini 5 Cara Mendapatkan Investor