in ,

Pengaturan Finansial Jadi Kunci Hidup Bahagia di Masa Tua, Sudahkah Anda Pikirkan?

Meskipun masih terlalu dini, Siapapun pasti memimpikan masa tua yang penuh dengan kebahagiaan dan kesenangan, bukan lagi dipusingkan dengan finansial.

Sudahkah Anda memikirkan bagaimana kehidupan di mas tua nanti? meskipun masih terlalu dini, Siapapun pasti memimpikan masa tua yang penuh dengan kebahagiaan dan kesenangan, bukan lagi dipusingkan dengan finansial. Sebab, jika masa tua tiba, fisik dan pikiran belum tentu mampu bekerja secara maksimal seperti halnya saat masih muda.

Tidak ada salahnya memperhitungkan dengan baik kebutuhan masa tua nanti. Terutama masalah yang tidak boleh dikesampingkan adalah, finansial. Pasalnya, bila tidak direncakan dengan baik. Bisa jadi di masa tua nanti Anda akan hidup susah bahkan merana.

Sehingga, penting memperbaiki pola hidup di masa muda Anda mulai dari sekarang. Untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Jika masih suka menghamburkan uang demi keinginan sesaat, apa jadinya hari tuamu nanti ? berikut hal-hal kecil yang bisa membuat masa tua Anda tak akan dipusingkan dengan finansial.

1. Meremehkan Waktu

Jika Anda masih suka membelanjakan gaji untuk kesenangan sesaat atau kerap bermain-main tak jelas untuk sekedar menghabiskan waktu. Sepertinya Anda harus memikirkan lagi untuk menata finansial. Ibarat sahabat yang harus dijaga agar tak menyesal di hari tua nanti. Misalnya dengan mengelola keuangan dan mendata kebutuhan terpenting dan bermanfaat agar tak berantakan.

Baca Juga  Mengenal Kredit Multiguna, Keungulan & Jenisnya

Tidak ada yang bisa menjamin kemakmuran masa tua Anda nanti. Jadi jangan buang-buang waktu untuk hal yang kurang bermanfaat. Mulailah berfikir untuk menata masa tua dari sekarang jangan menyia-nyiakan waktu. Apalagi dengan bermalas-malasan.

2. Tak Menyiapkan Dana Pensiun

Bagian ini memang tidak semua pekerjaan mendapatkannya. Agar masa tua tak semakin dipusingkan dengan beban finansial. Atau masih sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Maka, cobalah berfikir soal menyiapkan dana pensiunan.

Tak harus dari perusahaan, Anda bisa mulai menyisihkan penghasilan secara khusus dalam bentuk investasi. Seperti reksa dana, emas dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

3. Menabung

Menabung memiliki banyak keuntungan. Terutama dengan menabung di bank tentunya juga kebih aman daripada disimpan saja dirumah. Meski jumlah saldo awal tidak banyak, namun jika rutin diisi jumlah itu akan terus bertambah. Ada banyak jenis-jenis tabungan yang bisa Anda pilih untuk menyiapkan hari tua Anda. Misal, tabungan berjangka, deposito dan lain sebagainya

Baca Juga  Fashion dan Gadget Dominasi Trend Belanja

4. Tidak Menghitung Dana Pensiun secara Detail

Kebutuhan saat ini dan masa tua tentunya akan berbeda-beda. Tapi yang pasti haruslah mencukupi kebutuhan dasar, seperti kebutuhan sehari-hari, jaminan kesehatan dan tempat tinggal layak agar hidup tenang. Salah satu upaya untuk mendapatkannya, dengan lebih cermat dalam memperhitungkan dan menghemat dana pensiun.

Cara lain untuk bisa membuat Anda aman dari masalah finansial, dengan menghitung keperluan gaya hidup dari sekarang sehingga tak ada yang terlewat.

5. Suka Menunda

Menunda menyiapkan dana masa tua, sama halnya dengan Anda hanya mempersulit diri di masa tua. Jangan buru-buru mengatakan berat untuk menyisihkan sebagian penghasilan jika untuk shopping dan hangout Anda masih ugal-ugalan.

Tak harus menunggu banyak uang untuk menyiapkan masa tua yang kebih baik. Cukup konsisten dan jangan terys beralasan menundanya.

Baca Juga: Langkah – Langkah Persiapan Pensiun, Khusus Perempuan

Tinggalkan Balasan

Perusahaan Startup, Ini 5 Cara Mendapatkan Investor

pelajaran forex trader di tahun pretama

Inspiratif! 3 Trader Indonesia Dari Satpam Hingga Menjadi Jutawan