in

Dompet Digital di Era Kekinian

Teknologi yang terus berkembang pesat selalu memberikan dampak terhadap hidup manusia. Bahkan setiap inovasi dapat mempermudah kebutuhan sehari-hari manusia dalam segala aspek.

Di era kekinian kini, layanan keuangan berbasis digital sedang digandrungi banyak orang. Layanan berbasis digital atau yang biasa disebut dompet digital atau e-wallet dapat mempermudah transaksi Anda tanpa uang tunai.

Anda dapat bertransaksi dengan saldo yang tersedia di dalam akun dompet digital Anda untuk transaksi secara online maupun offline. Kepraktisan yang dimiliki oleh e-wallet menjadikannya semakin menjadi primadona. Kepraktisannya pun juga dapat dirasakan dari sisi penjual karena mereka tidak perlu repot-repot untuk menyediakan uang kembalian.

Selain itu, Anda juga dapat top-up saldo di mana pun dan kapan pun. Anda dapat top-up saldo di mobile banking, ATM, maupun mini market seperti Alfamart, Indomaret, dll.

Tak hanya itu, Anda juga dapat memperoleh promo atau diskon menarik jika Anda menggunakan e-wallet.

Setiap inovasi pasti memiliki kelemahan, begitu juga dengan e-wallet. Anda tidak dapat bertransaksi menggunakan e-wallet jika koneksi internet Anda tidak stabil. Di samping itu, tidak semua penjual menggunakan fasilitas pembayaran menggunakan e-wallet. Sehingga Anda juga harus menyiapkan uang tunai di dompet.

Baca Juga  Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik yang Harus Anda Ketahui

Berikut beberapa e-wallet populer di Indonesia yang harus Anda ketahui!

1. Go-Pay

Tak hanya berbisnis transportasi online, Go-Jek pun mulai mengembangkan sayapnya di dunia fintech. Go-Pay kini dapat digunakan untuk bertransaksi dengan berbagai merchant. Anda juga dapat melakukan top-up saldo Go-Pay melalui driver Go-Jek secara tunai sehingga Anda tidak dikenakan biaya administrasi.

2. Ovo

E-wallet yang satu ini bekerja sama dengan Grab sehingga Anda dapat memperoleh promo-promo menarik jika menggunakan OVO di Grab. Selain itu, Anda juga dapat bertransaksi menggunakan OVO di berbagai merchant, seperti hypermart.

3. E-money

E-wallet keluaran Bank Mandiri ini berbentuk kartu yang dapat disentuh pada mesin khusus saat bertransaksi. Anda dapat membeli kartu e-money di kantor cabang Mandiri maupun di minimarket.

4. Dana

Fasilitas pembayaran yang ditawarkan Dana dengan cara scan QR code melalui mesin khusus. Dikutip dari kompas.com, Dana memilih konsep Open Platform agar bisa bekerja sama dengan vendor, seperti KFC, TIX.ID, dll.

5. LinkAja

LinkAja adalah e-wallet yang dulunya bernama T-cash. Anda dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi yang tersedia di Play Store maupun App Store. Selain bertransaksi secara offline atau online, Anda juga dapat mengisi pulsa, membayar tagihan, dan juga mengirimkan uang.

Baca Juga  Tips Menabung Rutin ala Dollar Cost Averaging

Baca juga : Transaksi E-Money Semakin Marak, Siapkah Kita?

Tinggalkan Balasan

pelajaran forex trader di tahun pretama

Inspiratif! 3 Trader Indonesia Dari Satpam Hingga Menjadi Jutawan

FXPro Memberikan Dukungan Kepada Pemula